3 Cara Menjawab ‘Tell Me About Yourself’ Saat Interview

Kamu tahu gak sih, ada satu pertanyaan yang sangat umum ditanyakan dalam interview berbahasa Inggris? Bahkan saking seringnya muncul, bisa dikatakan bahwa pertanyaan ini sudah pasti ada. Pertanyaannya yaitu ‘tell me about yourself’ atau ‘perkenalkan dirimu sendiri’. Nah, jadi kamu bisa berlatih untuk menjawab pertanyaan ini dengan maksimal ya ET Mates, agar meningkatkan kesempatanmu terlihat menonjol dalam interview berbahasa Inggris. Cara menjawab ‘tell me about yourself’ sendiri bisa berbeda-beda. Namun biasanya, pertanyaan ini dijawab dengan memberikan latar belakangmu, agar HRD bisa menentukan bila kamu orang yang tepat untuk perusahaan mereka.

 

Cara Menjawab Tell Me About Yourself Saat Interview

Meski begitu, usahakan untuk tidak hanya menjabarkan isi CV-mu ya, ET Mates! Tambahkan juga pengalamanmu yang lainnya dan hobimu yang sesuai posisi lamaranmu untuk membuat jawabanmu lebih berkesan bagi HRD. Nah, agar kamu lebih terbayang jawaban yang tepat untuk disampaikan, kamu bisa mempelajari cara-cara menjawab di bawah ini dan membuat versimu sendiri. Yuk, disimak!

 

Contoh 1: Cara Menyampaikan Rekomendasi Karyawan

Contoh jawaban berikut ini memperlihatkan cara memakai sapaan formal berbahasa Inggris sebagai introduksi. Terdapat juga cara memberi tahu HRD bila kamu direkomendasikan ke posisimu melalui pekerja di kantor tersebut. Menekankan hal itu bisa berfungsi sebagai bukti kompetensimu, sehingga menjadi nilai tambah bagi HRD. Caranya bisa dilakukan seperti ini:

Good morning, my name is Carlos and I am currently 23 years old. My career first began in the management industry. But recently, I realized my passion for the writing industry, and I’ve been actively taking different courses related to writing and earning their certificates. I am looking forward to working as a Writer with you and I am very passionate about doing so. Outside the office, I love to volunteer in different fields, including the writing field, and I am very keen on improving my writing skills by joining a multitude of writing forums. Due to my experience in volunteering and my course performances, I was able to meet Ms. Sasha from the design division of your company, and she has recommended me to apply to this company in regards to my skill set.

Arti:
Selamat pagi, nama saya Carlos dan saat ini saya berusia 23 tahun. Karier saya dimulai dalam bidang manajemen. Namun belakangan ini, saya menyadari ketertarikan saya dalam bidang menulis, dan telah aktif mengambil berbagai kursus terkait kepenulisan sekaligus menerima sertifikatnya. Saya sangat tertarik dan bergairah untuk bekerja sebagai Penulis dengan Anda. Di luar pekerjaan, saya suka menjadi relawan dalam berbagai bidang, termasuk di antaranya yaitu bidang kepenulisan, dan saya sangat suka meningkatkan kemampuan menulis saya dengan mengikuti berbagai forum kepenulisan. Karena pengalaman saya menjadi relawan, dan juga dari performa kursus saya, saya bisa bertemu dengan Mbak Sasha dari divisi desain perusahaan Anda, dan beliau telah merekomendasikan saya untuk melamar ke perusahaan ini atas kemampuan yang saya miliki.

READ  10 Idiom dan Frasa Penting dalam Bahasa Inggris Bisnis

Contoh 2: Menonjolkan Antusiasme dan Ketertarikan

Selain contoh pertama, ada lagi cara menjawab ‘tell me about yourself’ yang cukup ampuh. Caranya yaitu kamu bisa menceritakan lebih dalam tentang alasanmu memilih bidang pekerjaanmu, kemudian nyatakan juga berbagai macam pencapaianmu terkait posisi yang kamu lamar. Tonjolkan juga alasan kamu tertarik melamar di perusahaan mereka untuk menunjukkan motivasimu terhadap posisi yang kamu lamar. Semua ini bisa menjadi pertimbangan positif bagi HRD untuk menerimamu. Berikut adalah contoh yang bisa menunjukkan hal-hal tersebut:

My name is Mei and I’ve always had an interest in the field of design since I was young. Having been able to draw digitally since I was a teenager, I often received commission requests from clients on the internet. I also have a bachelor’s degree in Visual Communication Design with a final GPA of 3.7, Cumlaude. Coming from my experiences, I am able to design in various art styles, so I’ll be able to adapt my design to ABC studio’s design requirements. Last but not least, I am very interested to be part of ABC design studio, as I look forward to handling international clients.

Arti:
Nama saya adalah Mei dan saya selalu memiliki ketertarikan dalam bidang desain sejak saya kecil. Karena saya sudah bisa menggambar secara digital dari usia remaja, saya sering mendapatkan komisi dari klien-klien di internet. Saya juga memiliki gelar S1 jurusan Desain Komunikasi Visual dengan IPK final 3,7, Cumlaude. Berdasarkan pengalaman saya, saya mampu membuat desain dalam beragam gaya, sehingga saya bisa mencocokkan gaya desain saya dengan kebutuhan desain studio ABC. Yang terakhir, saya sangat tertarik untuk menjadi bagian dari studio ABC karena saya tertarik untuk bekerja dengan klien internasional.

READ  20 Contoh Kalimat Sapaan Bahasa Inggris Beserta Artinya

Contoh 3: Mengucapkan Terima Kasih dan Menekankan Pengalaman

Kamu juga bisa menambahkan sedikit kesopanan formal pada awal perkenalan dengan berterima kasih kepada HRD atas kesempatannya memperkenalkan dirimu. Kemudian, jabarkan apa saja yang sudah kamu pelajari dari pengalamanmu sebelumnya, agar HRD memahami pengetahuan yang kamu miliki untuk bekerja di posisi keinginanmu. Contohnya seperti berikut ini:

Thank you for giving me the chance to introduce myself. My name is Jennifer Suprapto and I am 22 years old. Currently, I am working as a Copywriter Intern at a language education company located in Jakarta. As it is a company with a similar niche to yours, I am well-versed to write for the niche of your company. I also have more experiences in the educational field through my volunteering experiences as a Writer in the educational niche. In my free time, I like to upgrade my writing skill by joining writing forums, practicing, and freelancing.

Arti:
Terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk memperkenalkan diri saya sendiri. Nama saya adalah Jennifer Suprapto dan saya berusia 22 tahun. Saat ini, saya sedang bekerja sebagai Copywriter Intern di sebuah perusahaan pendidikan kursus bahasa inggris yang berlokasi di Jakarta. Perusahaan tersebut bergerak di bidang yang mirip dengan perusahaan Anda, sehingga saya mampu menulis mengenai topik perusahaan Anda. Saya juga memiliki pengalaman lain dalam bidang edukasi melalui pengalaman saya sebagai Penulis relawan dalam topik edukasi. Pada waktu senggang, saya suka meningkatkan kemampuan menulis saya dengan mengikuti forum-forum kepenulisan, latihan, dan melakukan pekerjaan freelance.

Perkenalan diri bisa jadi awalan yang krusial bagi HRD untuk mengenalmu dan kompetensimu lebih jauh. Karena pertanyaan ini sangat umum diberikan pada awal interview, melatih cara menjawab tell me about yourself dengan Bahasa Inggris sangatlah penting, agar ET Mates siap memberikan jawaban yang terbaik pada HRD. Nah, agar kamu bisa lebih nyaman melakukannya, latihlah Bahasa Inggrismu dengan sungguh-sungguh dan buatlah dirimu nyaman dengan pengucapannya, ya. Semoga sukses dengan interview-mu!

 

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!