Anjuran dan Larangan Dalam Berjejaring Internasional

 

Berjejaring atau berteman adalah aktivitas seru yang bisa dilakukan semua orang. Semua orang dari segala usia, di seluruh dunia, nggak mau merasa kesepian. Dan itulah gunanya teman! Tapi gimana jika kita jauh dari orang-orang yang berarti? Gimana jika suatu hari kita perlu bepergian untuk waktu yang lama? Atau berurusan dengan klien asing? gimana kita bisa berteman dengan orang-orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda? Apakah kamu pernah mengalaminya, ET Mates?

Sayangnya, sebagian besar guru bahasa inggris kami nggak mempersiapkan kami gimana membuat obrolan ringan yang tepat ketika kami belajar bahasa Inggris. Kiat-kiat ini akan membantu kamu mendapatkan teman internasional. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya sebagai alat jaringan untuk hal-hal profesional karena hubungan bisnis yang kuat membutuhkan hubungan pribadi yang kuat juga.

Anjuran

Memberikan Pujian

Selama obrolan ringan dengan seseorang yang baru kamu temui, perhatikan apa yang mereka kuasai. Banyak sekali jenis pujian, nggak selalu tentang penampilan. Kamu bisa memuji mereka atas pencapaian mereka baru-baru ini atau berharap mereka beruntung dengan pekerjaan baru mereka. Dengan memberikan pujian berarti kamu peduli dengan orang yang kamu temui dan mengungkapkannya tanpa berlebihan. Selain itu, orang secara nggak sadar akan melihat kamu sebagai orang yang sadar bahwa dunia nggak hanya berputar di sekitar kamu.

Langsung Dan Sopan

Obrolan ringan di pertemuan pertama itu bagus! Tapi, kamu mungkin ingin melakukan percakapan yang spesifik nanti. Setelah berbasa-basi, kamu bisa menanyakan hobi, pekerjaan, dan kehidupan pribadi mereka. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk lebih mengenal satu sama lain. Karena itu, pastikan nadanya sopan dan pertanyaannya nggak terlalu jauh.

READ  6 Situs Kamus Bahasa Inggris Online Terpercaya

Interaktif

Sebaliknya, jika seseorang mencoba membangun jaringan yang baik dengan kamu, yang perlu kamu lakukan hanyalah terus berbicara. Ingatlah bahwa percakapan adalah pembicaraan dua arah. Kamu juga ingin mengajukan pertanyaan kepada mereka dan mengenal mereka lebih baik. Jika nggak, kamu bisa dianggap nggak sopan kalau hanya menjawab pertanyaan dan nggak terlibat dalam percakapan.

 

Larangan

Menanyakan Sesuatu yang Terlalu Pribadi

Pada pertemuan pertama, hindari menanyakan sesuatu yang terlalu pribadi seperti, “Apakah kamu punya pacar?”. Atau menanyakan berapa harga ponsel mereka. Lebih baik nggak menanyakan hal-hal mengenai keyakinan, ras, dan status keuangan mereka. Selalu mulai obrolan ringan dengan menanyakan kabar mereka, gimana akhir pekan mereka, dan apa pekerjaan mereka.

Memotong Percakapan Dengan “Oh..” dan “Ya..”

Terkadang, dalam sebuah percakapan, kita kehabisan ide gimana caranya agar percakapan tetap berjalan. Tapi, lebih baik nggak menanggapi dengan “Oh..” atau “Ya…” saja, ya. Jika kamu nggak tahu gimana harus bereaksi, cobalah untuk menjembataninya dengan, “aku mengerti..” atau “aku setuju dengan kamu..” dan kemudian ubah topik yang sedikit relevan.

A: “Kakek aku adalah salah satu panutan aku.”

B: “aku setuju. Ngomong-ngomong, apakah kamu memperhatikan dekorasi malam ini? Indah, bukan?”

Selalu Pegang HP

Dalam budaya barat, kebanyakan orang menganggap nggak sopan ketika kamu tiba-tiba mengangkat telepon di tengah percakapan. Cobalah yang terbaik untuk nggak menyentuh gadget kamu saat berbicara dengan orang lain dan be present. Jika kamu benar-benar perlu menggunakan telepon, selalu ingat untuk permisi.

Nah, itulah beberapa tips tentang cara berjejaring secara internasional. Kamu juga bisa menggunakan tips untuk menghindari percakapan bahasa Inggris yang canggung dengan orang asing yang baru kamu kenal, ET Mates.

READ  6 Tips Memaksimalkan Waktu Belajar Bahasa Inggris Bisnis di Tengah Kesibukan Bekerja

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!