Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Bisnis Anda

 

Bahasa Inggris bisnis merupakan salah satu skill yang penting dikuasai jika Anda bekerja di perusahaan berskala internasional. Bahasa Inggris sendiri memang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Bahkan di Indonesia dan beberapa negara lainnya, bahasa Inggris termasuk pelajaran wajib sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Dalam dunia kerja, bahasa Internasional ini sangat diperlukan untuk memudahkan komunikasi dengan klien mancanegara. Sehingga, siapa saja perlu mempelajari bahasa Inggris secara lebih ekstra. Berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan skill bahasa Inggris bisnis:

Segera Mulai dari Sekarang

Langkah pertama agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik adalah segera memulai dan tidak menunda-nundanya. Tidak selalu harus mengikuti kursus di luar karena sudah ada banyak platform belajar bahasa yang bisa diakses secara mudah oleh siapa saja. Ini merupakan salah satu dampak positif perkembangan teknologi yang harus dimanfaatkan.

Tak perlu cari-cari alasan untuk menunda belajar bahasa Inggris. Anda bisa memulai sedikit demi sedikit dengan memanfaatkan internet. Jika mau lebih efektif dan intens, Anda bisa berguru ke tenaga profesional di bidangnya.

Buatlah Timeline

Jika Anda belajar bahasa Inggris sambil bekerja atau kuliah, maka penting sekali untuk mengatur timeline. Adanya timeline akan membuat Anda berusaha menyelesaikan semua urusan semaksimal mungkin sesuai dengan rencana.

Selain itu, Anda juga perlu membuat tujuan yang ingin diraih dari upaya meningkatkan skill bahasa Inggris bisnis. Apakah untuk mencapai pekerjaan impian di masa mendatang? Atau untuk memperoleh jabatan baru yang lebih menjanjikan di perusahaan tempat kerja?

Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terarah, Anda akan lebih bersemangat dalam mempelajari skill ini. Jika Anda tidak pernah menetapkan tujuan, maka proses belajar akan terasa membuang-buang waktu saja.

Jadwalkan Waktu Belajar

Cara selanjutnya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah membuat jadwal belajar. Dengan memiliki jadwal yang rinci, maka Anda bisa menyisihkan waktu untuk belajar skill ini di sela-sela kesibukan.

READ  3 Tips Super Simpel untuk Belajar Bahasa Inggris

Misalnya memanfaatkan sekitar 20 menit waktu di jam makan siang untuk melatih kemampuan reading. Kemudian menyisihkan waktu kurang lebih 10 menit untuk review vocabulary sepulang kerja atau kuliah. Cara ini dijamin sangat efektif untuk mempertajam kemampuan berbahasa Anda jika dilakukan secara konsisten.

Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Jika Anda memiliki cukup banyak waktu luang, tak ada salahnya untuk masuk ke kursus bahasa Inggris di instansi tertentu. Kursus ini sangat cocok untuk Anda yang mau belajar secara serius dengan waktu yang teratur dan bersama pengajar yang kompeten. Namun untuk mengikuti kursus tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu.

Selain itu, bagi yang memiliki kesibukan lain bisa bergabung ke kelas kursus online yang banyak ditemui di internet. Pilihlah kelas online yang benar-benar dibimbing oleh pengajar berpengalaman. Jadwal kelas online pada umumnya lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan waktu senggang siswa.

Gabung Kegiatan Multinasional

Selain mengikuti kursus, Anda juga bisa bergabung dengan kegiatan multinasional untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisnis. Beberapa kegiatan yang dimaksud adalah konferensi, workshop, dan training event.

Apabila Anda mengikuti kegiatan ini secara aktif, maka akan ada dua keuntungan utama yang didapatkan. Pertama adalah kemampuan komunikasi berbahasa Inggris dengan orang lain akan meningkat. Kedua, Anda akan mendapatkan partner potensial untuk berbisnis.

Membiasakan Membaca Buku Berbahasa Inggris

Membaca merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk belajar dan mengetahui hal baru. Termasuk kemampuan berbahasa Inggris juga bisa diasah dengan rajin membaca. Buku yang dibaca tentu saja harus berkaitan dengan bisnis dan menggunakan bahasa Inggris.

Dengan rajin membaca buku berbahasa Inggris, maka Anda akan terbiasa dalam memahami struktur kalimatnya. Dengan kata lain, Anda bisa semakin memahami grammar sekaligus menambah vocabulary. Hal ini tentu sangat membantu Anda untuk membuat kalimat yang lebih sempurna dan bisa dipahami orang lain.

READ  Menguasai Present Perfect Continuous Tense

Mendengarkan Podcast Bisnis Berbahasa Inggris

Selain membaca, Anda juga bisa mendengarkan podcast tentang bisnis yang berbahasa Inggris. Melalui cara ini, Anda bisa lebih mengerti idiom yang biasa keluar dalam komunikasi bahasa Inggris sehari-hari. Lebih dari itu, Anda juga bisa mendapatkan tambahan pengetahuan yang bermanfaat seputar bisnis.

Podcast terkait bisnis bisa Anda putar dari berbagai platform seperti YouTube, Spotify, Instagram, atau lainnya. Anda bisa mendengarkannya saat waktu luang atau di tengah-tengah melakukan kegiatan sehari-hari.

Cari Teman Belajar yang Sefrekuensi

Beberapa orang mungkin akan lebih nyaman dan fokus ketika belajar bahasa Inggris bisnis sendiri. Namun, ada juga orang yang mudah merasa bosan jika selalu belajar sendirian. Jika Anda termasuk orang yang demikian maka carilah teman belajar yang cocok dan memiliki tujuan sama.

Dengan adanya teman belajar, Anda akan merasa terbantu karena bisa saling berbagi satu sama lain terkait dunia bisnis. Apalagi jika teman yang Anda pilih sudah mempelajari bahasa Inggris untuk bisnis terlebih dahulu.

Banyak Latihan Berdialog

Dengan meminta bantuan kepada teman belajar atau tutor, Anda bisa mencoba memperbanyak latihan dialog berbahasa Inggris. Mulailah berlatih dialog dengan menentukan sebuah situasi. Misalnya menawarkan sebuah produk dari perusahaan kemudian mempresentasikannya kepada orang lain.

Berdialog akan melatih kemampuan Anda dalam menyusun kalimat ketika berbicara. Sehingga kedepannya saat berhadapan dengan situasi yang sama Anda tidak lagi merasa kebingungan.

Demikian 9 cara sederhana yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisnis. Ikuti semua cara tersebut jika mau skill Anda berkembang dengan pesat sesuai harapan.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!