Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris dan Program yang Akan Diambil

 

Sejak beberapa tahun belakangan, belajar bahasa asing menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk tetap produktif di waktu luang. Hingga saat ini, jumlah orang yang antusias untuk mempelajari bahasa asing pun kian bertambah, yang mana mereka tidak hanya berasal dari kalangan anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa.

Belum lagi, belajar bahasa asing atau kursus di era yang serba canggih ini tak perlu lagi harus datang ke kelas. Hal ini dikarenakan media pembelajaran bahasa asing sekarang semakin bervariasi mulai dari buku, video YouTube, OME TV, kursus online, dan media lainnya. Bahkan kamu bisa menonton film sebagai aktivitas mempelajari bahasa asing karena film bisa dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Nah, salah satu bahasa asing yang sering dipelajari, bahkan perlu untuk dipelajari adalah bahasa Inggris. Bahasa ini sangatlah penting untuk dikuasai di zaman digital ini, mengingat bahasa ini adalah bahasa internasional. Banyak juga orang yang memilih jalur kursus bahasa Inggris sebagai metode belajar yang lebih efektif. Lalu, apa saja manfaat dari kursus bahasa asing ini? Kamu bisa mengetahuinya setelah menyimak ulasan penting di bawah ini..

 

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris bagi Pemula

Bagi beberapa orang yang tidak terlahir dari keluarga yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka, tentu akan sangat asing dengan bahasa yang satu ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa aturan dalam bahasa Inggris yang perlu dipahami, mulai dari aturan menulis hingga membacanya.

Namun bukan berarti bahasa ini sulit untuk dipelajari, karena pada dasarnya semua bahasa itu sama, tinggal seberapa besar effort kamu dalam mempelajarinya. Selain itu, ada pola-pola tertentu dalam sebuah bahasa khususnya bahasa Inggris, yang akan sangat membantu kamu dalam memahami bahasa tersebut. Nah, jika saat ini kamu sedang berambisi dalam menguasai bahasa Inggris, kamu bisa menyimak cara cepat menguasai bahasa ini, sebagai berikut:

1. Belajar melalui Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Cara pertama yang bisa Sobat ET lakukan untuk mempercepat pemahaman dalam mempelajari bahasa Inggris adalah belajar melalui aplikasi. Kamu bisa mencari berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris melalui Google PlayStore. Di aplikasi tersebut, kamu bisa belajar struktur dalam bahasa Inggris atau biasa disebut dengan Grammar. Kamu juga bisa melatih skill writing, listening, reading, dan bahkan speaking kamu.

Selain dapat meningkatkan beragam skill bahasa Inggris, kamu juga dapat meningkatkan perbendaharaan kosa katamu. Tentu saja, semakin sering kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk belajar bahasa Inggris, kemampuanmu dalam berbagai skill pun juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Namun, jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu perlu untuk mempraktekan pelajaran yang sudah kamu pelajari. Misalnya, jika hari ini kamu belajar struktur tentang Simple Present Tense, maka coba gunakan tenses itu untuk berkomunikasi dengan orang lain yang juga sedang belajar bahasa Inggris atau yang sudah mahir.

2. Belajar Bahasa Inggris melalui YouTube

cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan menonton video YouTube. Video seperti apa yang bisa kamu tonton? Pertama, kamu bisa menonton video pembelajaran, baik dengan guru native speakers maupun guru lokal yang paham bahasa Inggris. Ada banyak sekali channel YouTube belajar bahasa Inggris yang menyediakan materi beragam, mulai dari grammar, pronunciation, hingga reading.

Kedua, kamu bisa menonton vlog orang luar, entah itu berkaitan dengan travel, lifestyle, atau topik lain. Topik tidak perlu terlalu dipermasalahkan karena fokus utama kamu adalah mempelajari bahasanya. Ketiga, kamu bisa menonton video reaction orang luar terhadap idola atau artis tertentu. Ini sangat direkomendasikan bagi kamu para K-Popers yang suka sekali video idolanya di-react oleh orang-orang di berbagai negara, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Belajar Bahasa Inggris melalui OME TV

Saat ini OME TV sudah sangat populer, dan digandrungi oleh mereka yang sedang berusaha menguasai bahasa asing. Tentu saja, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Dari sini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan orang asing. Nah, kamu bisa banget meminta koreksi dari mereka jika kamu merasa ragu dengan kalimat yang kamu buat.

Banyak sekali seleb OME TV yang pada akhirnya terkenal karena dapat berkomunikasi dengan orang asing. Salah satu dari sekian seleb tersebut adalah Fiki Naki. Nah, apakah kamu juga ingin menjadi sosok Fiki  yang tidak hanya menguasai bahasa Inggris, melainkan bahasa lain di belahan dunia? Sebagian dari kamu tentu akan menjawab ingin.

READ  8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Konversasi, Yuk Praktikkan!

4. Belajar Bahasa Inggris dengan Mengikuti Kursus

Tidak semua orang memiliki waktu luang yang banyak untuk mempelajari sesuatu secara otodidak. Sama halnya dalam mempelajari bahasa Inggris, yang tentunya masih memerlukan panduan serta arahan agar lebih cepat memahami bahasa ini. Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang mengalami hal itu, kamu bisa memilih untuk mengambil kursus.

Kursus bahasa Inggris sangat disarankan bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa ini dari dasar dengan materi yang lebih terstruktur. Selain itu, adanya tutor pada kursusan dapat memotivasimu untuk lebih giat belajar karena jika kamu tidak memahami suatu pelajaran, kamu bisa langsung menanyakannya kepada tutor yang bersangkutan.

Mudahnya lagi, saat ini sudah banyak tersedia kursus online yang memiliki metode pengajaran yang efektif. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris tetapi tidak memiliki waktu luang yang banyak. Nah, jika kamu memilih cara terakhir ini untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa menyimak informasi tentang tips memilih kursus berkualitas pada diskusi di bawah ini.

 

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris yang Berkualitas

Buat kamu yang sedang butuh lembaga kursus bahasa asing terutama Inggris yang profesional, tentu tak boleh sembarangan dalam memilih.

Bukan tanpa alasan, hasil selama kursus juga dipengaruhi oleh kualitas program mengajar dari lembaga kursus tersebut. Berikut informasi bagaimana memilih lembaga kursus bahasa Inggris yang berkualitas:Pilih Lembaga

1. Kursus yang Menawarkan Placement Test

Hal pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah apakah ada placement test atau tes penempatan untuk setiap siswa baru. Placement test ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan calon siswa dalam memahami bahasa Inggris.

Ketika hasil tes penempatan keluar, maka kamu bisa memilih program kursus yang tepat dan akan mempertajam skill berbahasa Inggris kamu. Dari hasil dari tes penempatan ini, kamu bisa tahu berbagai elemen atau skill yang paling dikuasai atau yang perlu ditingkatkan.

2. Perhatikan Metode Pembelajaran

Pastikan kamu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar kamu, di mana pun lembaga kursus bahasa Inggris yang dipilih. Dengan begitu kamu bisa belajar dengan lebih semangat dan materi belajar jadi gampang masuk.

Metode pembelajaran bahasa Inggris meliputi tahap learn, try, apply dan certify, di mana setiap stage ada tujuan masing-masing. Pada tahapan learn, kamu akan belajar tentang materi bahasa Inggris dengan interaksi bersama pengajar profesional di kelas dan melalui buku.

Kedua, tahapan try, kamu akan berinteraksi dengan pengajar dan teman menggunakan bahasa Inggris secara langsung. Sementara tahapan apply, kamu akan mengaplikasikan apa saja materi yang telah dipelajari, pada aktivitas nyata sehari-hari atau istilahnya praktik conversation. Terakhir, tahapan certify yang berarti kamu sudah berhasil menggunakan bahasa Inggris secara aktif.

3. Pilih Lembaga Kursus yang Memiliki Kelas Kecil

Bila kamu memang lebih mudah berkonsentrasi dengan suasana belajar private, maka kamu bisa pilih kelas kecil. Dengan begitu, semua materi yang diajarkan akan lebih mudah kamu terima dan pahami secara maksimal.

Biasanya masing-masing lembaga kursus memiliki ketentuan sendiri terkait kelas program atau kelas private ini. Meski begitu, pastikan dalam satu kelas kursus tak lebih dari 5 sampai dengan 7 orang agar kegiatan belajar private benar-benar efektif dan efisien.

4. Memiliki Pengajar yang Handal

Pastikan memilih kursus bahasa Inggris dengan pengajar yang memiliki sertifikat mengajar bahasa asing yang sudah diakui secara global, seperti Teaching English as a Foreign Language (TEFL) dan Teaching English to Speakers of Other Languages (TESOL).

Pastikan juga pengajar memiliki Certificate in English Language Teaching to Adults atau CELTA. Ketiga jenis sertifikat ini menunjukkan bahwa pengajar memiliki kualifikasi mengajar yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa lembaga kursus bahasa asing juga menyediakan kelas percobaan atau trial class untuk calon siswa. Buat kamu yang ingin tahu apakah cocok dengan pengajar dan program mengajar yang ditawarkan atau tidak, bisa memilih penawaran ini.

Sebelum Memilih Program Belajar, Pertimbangkan Hal Ini! 

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi kemampuan mendasar yang paling dibutuhkan untuk bisa hidup di era globalisasi seperti saat ini. Bahkan skill berbahasa ini menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon karyawan yang hendak melamar ke sejumlah perusahaan.

READ  Wajib Tahu, Inilah 8 Cara Mudah Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris pada dirinya. Seperti yang diketahui, umumnya bahasa Inggris memiliki 4 skills yang perlu dikuasai, yakni listening, speaking, reading dan writing.

Bagus bila kamu bisa menguasai 4 skill tersebut, namun, bagaimana jika ada satu skill yang sulit kamu kuasai? Mungkin, ambil program kursus bahasa Inggris sesuai kebutuhan adalah jawabannya, dan berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan:

1. Tentukan Subjek Apa yang Ingin Dipelajari

Dalam belajar bahasa Inggris, terdapat banyak subjek yang bisa kamu pelajari, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin kamu dapat. Katakanlah, kamu ingin meningkatkan kemampuan speaking, tentu mengambil conversation class adalah solusi utamanya.

Dari kelas speaking ini, kamu bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk praktik berbicara dalam bahasa Inggris dengan arahan langsung dari pengajar foreigner. Kamu juga bisa pilih kelas speaking untuk kebutuhan berbahasa Inggris di bidang pendidikan atau bahkan dunia bisnis.

2. Ketahui Level Berbahasa Inggris Kamu

Ada berbagai level dalam bahasa Inggris, yang mana level 1 bagi beginner, sampai dengan level 9 bagi very advanced. Nah, untuk mengetahui sudah di mana level kamu, kamu perlu memilih tempat kursus yang menyediakan placement test. Tujuannya untuk memudahkan kamu memilih program kursus yang tepat agar waktu yang kamu gunakan untuk belajar tidak sia-sia karena salah masuk level..

Itulah mengapa kamu harus memilih lembaga kursus yang menawarkan placement test di awal masuk kelas. Dengan demikian, kamu pasti tahu program kursus mana yang memang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris kamu.

3. Periksa Ketersediaan Waktu Kamu

Sebelum mengambil program kursus, kamu juga perlu memastikan, apakah kamu memiliki ketersediaan waktu untuk mengikuti kelas kursus secara konsisten? Misalnya, kamu hanya bisa mengikuti kursus bahasa Inggris sepulang kerja, atau mungkin saat akhir pekan saja.

Biasanya, lembaga kursus bahasa asing terutama Inggris memiliki sejumlah program dengan jadwal kelas yang bervariasi. Kamu tak perlu bingung, karena lembaga kursus pasti ada program kelas yang bisa diambil di akhir pekan atau jam lainnya.

Jika kebetulan kamu tidak bisa datang ke tempat kursus, maka pilihan yang tepat adalah mengikuti kursus online. Saat ini sudah ada banyak lembaga kursus yang menyediakan program kelas online bagi mereka yang ingin belajar secara fleksibel.

4. Perimbangkan Juga Soal Biaya Kursus 

Sebelum memilih program kursus bahasa asing terutama Inggris, tentu saja kamu harus mempertimbangkan soal biaya kursus yang tak sedikit. Terlebih lagi bila kamu mengambil program kursus private dari native speaker atau penutur asli.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan ikut program kursus, jangan ragu soal biaya. Karena ada banyak rekomendasi lembaga kursus dengan variasi rentang biaya yang bisa kamu pertimbangkan dengan bujet yang kamu miliki.

 

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya 

Kamu sedang mencari sebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Jakarta? Mungkin English Today adalah pilihan yang tepat dengan lingkungan belajar yang suportif. Berdiri sejak 2010, English Today menjadi lembaga kursus pertama dengan pengajar native speaker dan satu-satunya di Jakarta.

Sekarang, lembaga kurus ini berkembang sudah hadir di 7 kota berbeda, yakni Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan. Metode pembelajaran yang interaktif dan bantuan lebih dari 50 pengajar berkualifikasi kelas dunia, siap meningkatkan skill bahasa Inggris kamu.

Nah, kamu yang tertarik mengikuti program kursus bahasa Inggris dari English Today bisa cek informasi lengkap di website resminya. Mengapa kamu harus menjadi Sobat ET? Karena English Today bertujuan membantu kamu untuk meningkatkan skill bahasa Inggris dan mendapatkan hasil pembelajaran optimal dalam waktu yang cepat dan efektif.

English Today juga memiliki program Kursus Bahasa Inggris Online English Today untuk siapa saja yang berminat gabung. Materi pelajaran pun disesuaikan dengan kebutuhan dan level, serta metode pengajaran yang fleksibel. Ini akan memotivasi Sobat ET untuk berbagi ide dan berbicara bahasa Inggris dengan lebih percaya diri.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!