3 Contoh Percakapan Bahasa Inggris untuk Customer Service

bahasa inggris untuk CS

Ketika bekerja sebagai Customer Service, kita diharuskan untuk berkomunikasi dengan jumlah klien yang banyak dan berbeda-beda setiap hari, memastikan bahwa masing-masing dari mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Namun, dengan klien yang berbeda-beda, tentu saja kita dihadapkan dengan tantangan yang berbeda. Salah satunya dalam bentuk bahasa, karena tak semua orang dapat menggunakan bahasa Ibu kita. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari percakapan Bahasa Inggris dan menerapkannya dalam Customer Service, mengingat bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dimengerti oleh sebagian besar penduduk di muka bumi. Untuk mempelajarinya, berikut adalah 3 contoh percakapan Bahasa Inggris karyawan untuk Customer Service!

 

Contoh 1: Mengatasi isu produk/servis

Mengatasi isu produk atau servis yang dimiliki pelanggan biasanya merupakan tugas utama seorang Customer Service. Oleh karena itu, berikut contoh percakapan dengan pelanggan yang butuh isu produknya untuk diatasi.

 

Customer:
“Hi, the coffee machine I bought from your store doesn’t seem to be working properly. It won’t turn on.”

(“Halo, mesin kopi yang saya beli dari toko sepertinya tidak berfungsi. Tidak bisa menyala.”)

 

Customer Service:
“Hello, thank you for reaching out. I’m sorry to hear about the issue. Could you please provide the model and purchase date?”

(“Halo, terima kasih telah menghubungi kami. Kami turut menyesal mendengar masalah Anda. Boleh kami tahu jenis produk dan tanggal pembelian Anda?”)

 

Customer:
“It’s the Xpress Brew 200 model, and I bought it two weeks ago.”

(“Modelnya Xpress Brew 200, saya membelinya dua minggu lalu.”)

 

Customer Service:
“Since it’s within the warranty period, we can arrange a repair or replacement. Could you bring it to our service center, or would you prefer a pickup?”

(Karena barang Anda masih dalam masa garansi, maka kami bisa mengatur perbaikan atau penggantian. Apakah Anda bisa membawanya ke pusat layanan kami, atau Anda lebih memilih dijemput?)

 

Customer:
“I’d prefer a pickup if possible. I’m located in South Jakarta.”

(“Kalau bisa dijemput. Lokasi saya di Jakarta Selatan.”)

 

Customer Service:
“Certainly. We’ll arrange a pickup within 24 hours. Our technician will assess it, and we’ll update you on the repair or replacement process. Is there anything else I can assist you with?”

READ  Menguasai Simple Past Tense dengan Mudah

(Baik. Penjemputan akan kami lakukan dalam kurun waktu 24 jam. Produk Anda akan dicek oleh teknisi kami, dan kami akan memberikan informasi terbaru mengenai proses perbaikan atau penggantiannya. Apa ada hal lain yang bisa saya bantu?)

 

Customer:
“No, that’s all. Thanks for the help!”

(“Itu saja. Terima kasih.”)

 

Customer Service:
“You’re welcome! We’ll be in touch soon. Have a good day!”

(“Sama-sama! Kami akan segera menghubungi Anda. Semoga hari Anda menyenangkan!”)

 

Contoh 2: Pertanyaan tentang produk atau layanan

Sebagai Customer Service, kita akan sering dihadapkan dengan pertanyaan terkait detail produk atau layanan yang kita tawarkan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan pengetahuan berbahasa Inggris tentang deskripsi produk atau layanan kita.

 

Customer:
Hello, good afternoon. I’d like to check if you have the Espresso capsule coffee in stock?”

(“Halo, selamat siang. Apakah kapsul kopi Espresso masih ada?”)

 

Customer Service:
“Good afternoon! Yes, we do have the Espresso capsule coffee available. Would you like to place an order?”

(“Selamat siang! Ya, kapsul kopi Espresso kami masih tersedia. Apakah Anda tertarik untuk memesan?”)

Customer:
“Yes, I would. Could you tell me the price and delivery options?”

(“Ya. Boleh saya tahu harga dan opsi pengirimannya?”)

 

Customer Service:
“Certainly! The Espresso capsules are IDR 120,000 per box. We offer same-day delivery within Jakarta, or standard delivery across Indonesia. May I have your delivery address?”

(“Tentu! Kapsul Espresso kami seharga IDR 120,000 per kotak. Kami menawarkan pengiriman di hari yang sama untuk area Jakarta, atau pengiriman standar ke seluruh Indonesia. Bolehkah saya tahu alamat pengirimannya?”)

 

Customer:
“Sure, it’s in Central Jakarta. I’d prefer same-day delivery, please.”

(“Oke, alamatnya di Jakarta Pusat. Pengiriman same-day ya.”)

 

Customer Service:
“Noted! Your order will be delivered today. We’ll send a confirmation once it’s on the way. Is there anything else I can assist you with?”

(“Baik! Pesanan Anda akan segera dikirim hari ini. Konfirmasi akan kami berikan saat pesanan Anda sudah dalam perjalanan. Ada lagi yang bisa saya bantu?”)

 

Customer:
“That’s all. Thank you for your help!”

(“Itu saja. Terima kasih untuk bantuannya!”)

READ  6 Tips untuk Menguasai Bahasa Inggris

 

Customer Service:
“My pleasure! Have a great day!”

(“Dengan senang hati! Semoga hari Anda menyenangkan!”)

 

Contoh 3: Pertanyaan Rekomendasi Produk

Sebagai Customer Service, kita akan cukup sering menghadapi pelanggan yang bimbang tentang keinginannya. Dalam situasi tersebut, Bahasa Inggris dapat digunakan dalam percakapan seperti berikut ini.

 

Customer:
“Hi, I’m looking for a gift for my friend who loves coffee. Do you have any recommendations?”

(“Halo, saya sedang mencari hadiah untuk teman saya yang suka kopi. Apa Anda punya rekomendasi?”)

 

Customer Service:
“Hello! Certainly! We have a variety of coffee gift sets that are popular, including a set with a French press and different coffee blends. Would you be interested in something like that?”

(“Halo! Tentu saja! Kami memiliki berbagai set hadiah kopi yang populer, termasuk set yang dilengkapi dengan French press dan berbagai campuran kopi. Apakah Anda tertarik dengan sesuatu yang seperti itu?”)

 

Customer:
“Sounds nice. What’s the price range?”

(“Kedengarannya menarik. Berapa harganya?”)

 

Customer Service:
“Our gift sets range from IDR 200,000 to IDR 500,000, depending on the contents. We also offer gift wrapping if you’d like.”

(“Set hadiah kami berkisar antara IDR 200.000 hingga IDR 500.000, tergantung isinya. Kami juga menawarkan pembungkus hadiah.”)

 

Customer:
“I’ll go with the set that includes the French press.”

(“Saya pilih set yang termasuk French press.”)

 

Customer Service:
“I’ll prepare that for you. Would you like to have it delivered or pick it up in-store?”

(“Baik, akan saya siapkan untuk Anda. Apakah Anda ingin diantar atau mengambil langsung di toko?”)

 

Customer:
“Delivery, please. Thank you.”

(“Tolong diantar ya. Terima kasih.”)

 

Customer Service:
“You’re very welcome! Your gift will be on its way soon.”

(“Sama-sama! Produk Anda akan segera dikirim.”)

Nah, dari contoh-contoh yang sudah diberikan, ET Mates bisa memahami kosakata dan kalimat-kalimat Bahasa Inggris untuk Customer Service atau english for hopitality yang sering digunakan. Tetapi, percakapan seringkali bervariasi dan cukup sulit diprediksi, sehingga membutuhkan keterampilan berbahasa Inggris yang lebih tinggi. Oleh karena itu, ET Mates bisa terus berlatih di kursus bahasa inggris agar lebih profisien lagi dalam berbahasa Inggris ya!

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!