3 Cara Menjadi Fasih Dalam Berbahasa Inggris

3 Cara Menjadi Fasih Dalam Berbahasa Inggris

DI masa sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan adanya tuntutan untuk dapat berbicara bahasa asing dalam dunia pekerjaan. Dan yang paling umum dan banyak dijadikan persyaratan adalah kemampuan berbahasa Inggris. Pada dasarnya, pelajaran Bahasa Inggris sudah diajarkan sejak di masa sekolah, bahkan sudah banyak orang tua yang memberikan pendidikan Bahasa Inggris sejak usia dini. Meskipun begitu, pelajaran yang diberikan di sekolah tersebut lebih banyak mengenai teori dan prakteknya tidak begitu sering. Hal inilah yang membuat banyak sekali orang pandai dalam mengerjakan soal ataupun ujian secara teori namun mengalami kendala saat harus praktek menggunakan Bahasa Inggris.

 

Hal tersebut juga disebabkan oleh perasaan takut jika melakukan kesalahan saat berbicara dan kemudian menjadi malu karena kesalahan tersebut. Sangat disayangkan jika seseorang yang memiliki potensi berbahasa Inggris yang bagus harus mengalami hal seperti itu. Maka, salah satu cara untuk memperbaiki konsep pemikiran takut salah tersebut atau rasa malu yang ada, adalah dengan mengambil Kursus Bahasa Inggris. Dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris, banyak hal yang dapat dipelajari dan tidak hanya teori saja namun praktek juga akan menjadi rutinitas dalam pembelajaran. Akan tetapi, tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti yang namanya Kursus Bahasa Inggris.

Jika demikian, pembelajaran tersebut bisa dimulai dari diri sendiri dulu sambil menunggu kesempatan untuk dapat mengikuti Kursus Bahasa Inggris yang di tempat yang tepat. Yang akan kita bahas sekarang adalah Bagaimana Untuk Menjadi Fasih Dalam Berbahasa Inggris? Apakah hal tersebut mungkin dilakukan tanpa bantuan guru atau teman? Tentu saja sangat memungkinkan jika kita baru mau mulai belajar Bahasa Inggris. Belajar dengan diri sendiri atau otodidak dapat menjadi cara awal kita untuk mulai mempelajari suatu hal bahkan dalam berbahasa Inggris.

Kemudian hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjadi fasih dalam berbahasa Inggris? Ada 3 hal dasar yang dapat anda lakukan jika anda ingin belajar Bahasa Inggris sendiri sambil mencari kesempatan untuk dapat les Bahasa Inggris online.

Berikut adalah 3 hal dasar yang dapat anda lakukan untuk membuat diri anda bisa lebih fasih dalam berbahasa Inggris:

READ  Belajar Bahasa Indonesia untuk Orang Asing di Jakarta

 

1.Percaya Diri

Betul sekali, percaya diri adalah hal paling utama yang harus anda tingkatkan agar anda bisa fasih berbahasa Inggris. Memang tidak mudah untuk membuat diri anda untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tapi hal tersebutlah tidaklah mustahil jika anda ingin mencoba. Anda harus tanamkan pada diri anda bahwa anda sedang belajar Bahasa Inggris dan selalu harus mencoba berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris jika ada kesempatan. Akan banyak orang di sekeliling anda yang akan berkata, “Ah, gaya lu sok Bahasa Inggris segala” atau “Sok-sok Bahasa Inggris segala lu”. Memang kalimat tersebut akan sering terdengar karena lingkungan anda belum terbiasa dengan Bahasa Inggris. Tapi ingat, jangan patah semangat, tetap berpikiran positif dengan mengabaikan perkataan negatif dari orang-orang tersebut. Ingatlah bahwa anda sedang belajar berbahasa Inggris. Anda yang lebih mengerti diri anda dibandingkan dengan orang-orang yang mengucapkan hal tersebut kepada anda. Jangan sampai perkataan orang yang seperti itu membuat anda menjadi minder dan tidak melanjutkan keinginan anda untuk belajar Bahasa Inggris. Potensi yang seharusnya ada, tidak akan dapat dikembangkan lebih jauh lagi hanya karena perkataan-perkataan orang yang tidak mengenal kita dengan baik.

 

2.Pentingnya pengucapan

Pada umumnya, pada saat seseorang belajar Bahasa Inggris, di pikirannya sudah terbentuk konsep bahwa yang paling penting dalam Bahasa Inggris adalah grammar atau struktur. Memang betul grammar atau struktur itu merupakan hal penting ketika anda belajar Bahasa Inggris, akan tetapi jangan sampai anda lupa bahwa banyak hal yang lebih penting selain grammar atau struktur, misalnya cara pengucapan, kosakata, dll. Oleh karena itu, jangan batasi diri anda hanya pada masalah grammar atau struktur. Pengucapan akan suatu kata dalam Bahasa Inggris juga tidak kalah pentingnya dengan grammar atau struktur. Jika anda bisa mengucapkan suatu kata dalam Bahasa Inggris dengan benar maka hal tersebut akankah lebih baik karena akan memudahkan anda jika berkomunikasi langsung dengan penutur asing. Terlebih lagi, jika terjadi kesalahan dalam pengucapan maka arti dari suatu kata juga akan berubah dan mengakibatkan kesalahpahaman dalam berbicara Bahasa Inggris.

 

3.Memperkaya kosakata

Kosakata atau yang lebih dikenal dengan vocabulary adalah suatu hal yang mendasar ketika anda ingin belajar suatu bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Dengan memiliki perbendaharaan kosakata yang banyak tentunya akan mempermudah anda ketika harus berbicara dalam Bahasa Inggris dan tentunya juga akan membuat anda lebih lancar lagi ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Menambah perbendaharaan kosakata dalam Bahasa Inggris bisa dibilang susah susah gampang. Susah karena anda berpikir bahwa terlalu banyak kosakata Bahasa Inggris yang harus anda kuasai, tapi bisa juga menjadi mudah ketika anda mengetahui tujuan anda bisa menemukan cara menyenangkan untuk memperkaya kosakata anda. Dengan mendengarkan lagu kesukaan anda dan menonton film kesukaan anda sambil menggunakan subtitle Bahasa Inggris, secara tidak langsung anda sudah berhasil menemukan cara menyenangkan untuk anda menambah kosakata Bahasa Inggris anda. Jadi, belajar Bahasa Inggris bisa menyenangkan jika anda bisa menemukan cara yang tepat bagi diri anda sendiri.

READ  Kelas Bahasa Inggris Privat di Jakarta

Itulah tiga hal mendasar yang bisa anda coba lakukan ketika anda mau mulai belajar Bahasa Inggris secara otodidak sebelum anda menemukan Tempat Kursus Bahasa Inggris yang tepat untuk anda. Belajar sendiri memang tidak selalu menyenangkan tetapi bisa menjadi awal yang baik untuk anda membekali diri anda terlebih dahulu sebelum anda mencoba untuk keluar dan menggunakan Bahasa Inggris anda dengan orang lain atau bahkan penutur asing.

Sebagai penutup, ingatlah untuk terlebih dahulu meningkatkan rasa percaya diri anda dengan sebaik mungkin sehingga anda siap ketika harus berbicara Bahasa Inggris dengan siapapun lawan bicara anda nantinya. Anda perlu mengerti juga bahwa belajar Bahasa Inggris tidak hanya selalu mengenai grammar atau struktur karena seperti yang disebutkan tadi bahwa pengucapan yang tepat juga tidak kalah pentingnya saat anda berbicara dalam Bahasa Inggris. Dan tentunya perbendaharaan kosakata yang banyak akan sangat menguntungkan anda jika anda ingin bisa berbicara Bahasa Inggris dengan fasih.

Ingatlah untuk terus konsisten melatih diri anda untuk dapat bisa berbicara Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Jika anda terus melatih diri anda dengan baik maka anda juga akan melihat hasilnya nanti ketika anda bisa berbicara Bahasa Inggris dengan penuh percaya diri dan fasih.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!