Contoh CV Bahasa Inggris Beserta Cara Penyusunan yang Baik

 

Sekarang ini ada banyak contoh CV Bahasa Inggris yang bisa ditiru untuk membuat curriculum vitae guna melamar pekerjaan. CV Bahasa Inggris sendiri kini lebih dipertimbangkan karena menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang yang berkemampuan dan pantas diterima.

Pasalnya kemampuan berbahasa Inggris saat ini diwajibkan sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki oleh pelamar pekerjaan. Buat Anda yang ingin membuat CV dalam Bahasa Inggris, berikut panduan penyusunannya yang baik beserta contoh untuk dijadikan referensi.

Penggunaan Tata Bahasa

Baik dalam Bahasa Inggris ataupun Indonesia, penggunaan tata bahasa yang baik sangat diperlukan ketika membuat curriculum vitae. Selain itu, CV Bahasa Inggris memuat 3 pola kalimat yang sering digunakan yaitu past tense, present tense, serta future tense.

Pada contoh CV Bahasa Inggris, pemakaian pola past tense untuk pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Sementara pola kalimat present tense digunakan untuk pekerjaan yang masih Anda lakukan hingga sekarang.

Supaya CV berbahasa Inggris milik Anda lebih baik, gantilah subjek I/my manager menjadi mine dan hers/his. Apabila Anda merasa kurang yakin, bisa menggunakan tools pengecekan tata bahasa seperti Grammar Checker dan Grammarly. Sebagai contoh:

  • Merubah kalimat “I lead an important project, so my manager gave me a promotion” menjadi “Lead key project; promoted by manager

Penggunaan Tanda Baca dan Ejaan

Ejaan serta tanda baca yang keliru pada sebuah curriculum vitae bisa menimbulkan kesalahpahaman dan membuat CV Anda tampak buruk. Oleh karena itu, ketika membuat CV sebaiknya selalu mengecek kamus ataupun meminta proofread kepada teman atau seorang ahli.

Namun sebenarnya, ejaan serta tanda baca yang digunakan dalam CV Bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia. Apabila masih kesulitan menentukan pemakaian tanda baca serta ejaan, Anda bisa melihat berbagai contoh CV Bahasa Inggris di internet.

READ  Simak Strategi Persiapan TOEFL untuk Raih Skor Tinggi Impianmu

Penggunaan Layout dan Struktur Curriculum Vitae

Saat melihat contoh CV Bahasa Inggris, pastinya Anda mengetahui bahwa curriculum vitae yang menarik adalah terstruktur dan rapi. Maka dari itu, hindari untuk membuat CV dengan struktur yang abstrak serta layout berantakan, karena akan menyulitkan recruiter untuk membacanya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat menyusun CV ialah memastikan format serta ukuran font bisa terbaca meskipun dipandang sekilas. Selanjutnya gunakan format CV Bahasa Inggris yang konsisten, serta menghindari penjelasan bertele-tele.

Data Diri serta Keterampilan yang Diperlukan

Sebuah curriculum vitae yang memuat lebih banyak prestasi dan keterampilan tentu menarik dan mempunyai peluang besar untuk diterima oleh recruiter. Meskipun demikian, masukkan prestasi serta keterampilan penting dan mempunyai kaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat itu.

Hal lain yang perlu Anda cantumkan saat menyusun CV adalah memasukkan data diri yang sesuai, sehingga mempermudah recruiter dalam mempertimbangkan. Sebaiknya, hindari memasukkan informasi tentang fisik Anda hingga pengalaman kerja yang kurang relevan.

Mencantumkan Pengalaman Organisasi dan Kerja

Ketika menyusun sebuah CV Bahasa Inggris, Anda harus mengetahui bahwa curriculum vitae yang baik mempunyai struktur singkat, padat, dan jelas. Oleh sebab itu, meskipun Anda memiliki banyak pengalaman organisasi dan kerja tidak perlu mencantumkannya secara keseluruhan, karena memperburuk tampilan CV.

Sehingga selalu pastikan sebelum mengirim bahwa dalam CV yang Anda buat hanya tercantum organisasi atau pekerjaan yang relevan. Misalnya tidak perlu mencantumkan pengalaman bermain ice skating apabila Anda berniat melamar pekerjaan di bagian marketing.

Dalam curriculum vitae Bahasa Inggris bagian satu ini, Anda dapat menggunakan action verbs. Penggunaan action verbs tersebut bertujuan agar menampilkan Anda sebagai orang yang cemerlang dan kreatif. Contohnya:

  • Menulis “Managed a division of 12 employees” dibandingkan “Was in charge of 12 employees
READ  Panduan dan Contoh Email Bisnis Bahasa Inggris yang Bagus

Poin Penting Pada CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris yang dibuat setiap orang mempunyai format yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat mengikuti template paling sesuai. Namun, pada umumnya curriculum vitae memuat beberapa poin penting seperti berikut:

  • Identitas diri: Memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, serta email yang masih aktif.
  • Latar belakang pendidikan: Pada bagian ini sebaiknya mencantumkan riwayat pendidikan terakhir atau tahun terdekat, lengkap dengan jurusan Anda.
  • Keahlian: Masukkan daftar keahlian beserta sertifikat seperti sertifikat dari kursus bahasa inggris dan lainnya agar recruiter mengetahui keterampilan yang Anda miliki.
  • Riwayat pekerjaan: Cantumkan pengalaman kerja Anda yang paling relevan. Serta berikan penjelasan mengenai apa yang Anda kerjakan.

Contoh CV Berbahasa Inggris

Bagi Anda yang belum pernah menyusun curriculum vitae mungkin tidak memiliki gambaran mengenai cara penyusunannya yang baik.

Oleh karena itu, Anda bisa melihat contoh CV Bahasa Inggris berikut sebagai referensi:

Elphira Markey

  • Manhattan, New York City

Work Experience

Class Teacher

  • Manhattan Primary School, New York
  • Since 2016 PE Subject Leader Oct 2015 – Present
  • Year 3 Class English Teacher

Skills

  • Teaching Very Good
  • Lesson Planning Good
  • Intercultural Sensitivity Good

Courses

Outstanding Learning and Program in PE January 2016

  • Have an overview of the principles assessment and monitoring
  • Be aware of a range of teaching styles

Education and Qualifications

Bachelor in Music, New York University Sep 2010 – Jun 2013

Interests 

Music, Sports, Technology

Languages

  • English Native
  • Japanese Fluent
  • Spanish Fluent

Demikian contoh CV Bahasa Inggris beserta panduan untuk menyusunnya dengan benar dan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi. Sehingga Anda bisa membuat curriculum vitae terbaik serta mampu menarik perhatian recruiter dan menerima lamaran pekerjaan yang diinginkan.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!