Berbicara di Depan Umum? Berikut Materi Public Speaking dan Tips Melakukannya

 

Materi public speaking ada banyak macamnya, mulai dari pembahasan tentang motivasi hidup sampai dengan binatang yang hampir punah. Public speaking sendiri merupakan istilah untuk keterampilan berbicara di depan umum yang sudah muncul sejak berabad-abad lalu.

Pada dasarnya berbicara di depan umum hampir sama dengan kegiatan bicara pada kehidupan sehari-hari, namun penyampaiannya lebih terstruktur. Bagi Anda yang akan berbicara di depan umum dan belum menemukan materi, berikut topik public speaking beserta tips melakukannya.

1. Materi Tentang Pengalaman Sehari-hari

Apa yang terjadi setiap harinya merupakan pengalaman istimewa dan tidak bisa dirubah sesuai keinginan. Karena itulah, materi public speaking yang menceritakan pengalaman sehari-hari cukup menarik untuk disampaikan kepada orang lain.

Pasalnya mungkin saja pengalaman yang Anda nilai buruk ternyata menginspirasi orang lain agar tidak berbuat hal serupa. Meskipun mengangkat topik pengalaman sehari-hari, dalam penyampaiannya gunakan kalimat sopan dan tidak menyinggung siapa saja yang mendengarnya.

2. Materi Tentang Pendidikan

Apabila mempunyai prestasi mengagumkan dan seseorang meminta Anda berbagi pengalaman, materi public speaking tentang pendidikan dapat dipilih. Anda dapat berbagai tentang bagaimana cara belajar yang baik hingga bagaimana meraih penghargaan ataupun beasiswa.

Jika materi mengenai pendidikan dipilih, disarankan untuk menggunakan kalimat yang sesuai dan tidak menggurui. Pasalnya tidak semua orang mempunyai privilege pendidikan serupa, sehingga Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan disampaikan.

3. Materi Tentang Isu Terkini

Pembahasan isu atau berita terkini merupakan materi yang bagus untuk public speaking, karena biasanya banyak orang tertarik mengetahuinya. Misalnya saja isu tentang mencairnya es di kutub sehingga menyebabkan naiknya air laut dan membuat beberapa pulau terancam tenggelam.

Dengan mengangkat isu seperti contoh tersebut, Anda bisa berbagi informasi yang diketahui. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui bagaimana tanggapan dari orang lain mengenai masalah tersebut untuk melakukan kajian lebih lanjut.

READ  Cara Meningkatkan Skill Writing Bahasa Inggris Bisnis dengan Cepat!

4. Materi Tentang Kesehatan

Buat Anda yang seorang ahli di dunia kesehatan, tidak ada salahnya untuk mengambil topik tersebut sebagai materi public speaking. Dengan begitu, Anda dapat berbagi ilmu mengenai cara menjaga pola hidup sehat kepada orang lain.

Jika hal materi yang Anda sampaikan dapat dipahami dengan baik, tentunya berimbas pada penanganan penyakit yang lebih mudah. Selain itu, banyak orang menjadi waspada terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan datangnya penyakit.

5. Materi Tentang Kehidupan Remaja dan Dewasa

Dunia remaja hingga dewasa sangat menarik untuk dibahas karena memuat banyak hal yang penuh dengan impian dan rasa ingin tahu. Karena itulah, topik ini sangat cocok Anda pilih sebagai materi public speaking, terlebih dengan audiens dewasa muda.

Pada materi ini, ada banyak hal yang bisa disampaikan mulai hal sepele hingga berat seperti menentukan tujuan setelah lulus pendidikan. Melalui topik ini, Anda juga bisa menghalau kenakalan remaja yang ekstrim dan justru merusak masa depan.

Tips Melakukan Public Speaking

Selain materi public speaking yang menarik, penampilan atau gaya Anda ketika menyampaikan materi juga perlu diperhatikan untuk memperoleh perhatian audiens. Berikut beberapa tips public speaking yang tidak hanya menarik perhatian audiens tetapi juga membuat terkesan.

1. Kesiapan

Sebelum melakukan public speaking, pastikan diri Anda sudah siap menyampaikan materi kepada seluruh audiens. Caranya teruslah berlatih di depan cermin untuk mengetahui kekurangan dari gaya, penampilan, hingga intonasi Anda.

Apabila Anda mempunyai masalah untuk mengucapkan suatu kata ataupun frasa, terus berlatih hingga mampu mengucapkannya dengan benar. Sebab pengucapan frasa yang tepat bisa meningkatkan kepercayaan diri dan membuat tampilan Anda semakin bagus.

2. Bahasa Tubuh Ketika Berbicara

Penting untuk diketahui bahwa bahasa tubuh Anda memberikan pengaruh besar terhadap pesan yang akan diterima audiens. Hindari melakukan kontak mata yang kurang atau berlebihan kepada audiens, karena hal tersebut justru membuat Anda merasa gugup.

READ  10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik yang Penting Diketahui

Anda harus melatih tubuh supaya tampak santai seperti sedang berbagi cerita dengan orang-orang yang dikenal. Selain itu, hindari menyilangkan, melambaikan, hingga memasukkan tangan ke dalam saku, karena tampak kurang sopan.

3. Tone Suara

Anda tentu mengetahui bahwa tone suara membawa pengaruh cukup besar untuk informasi yang disampaikan kepada audiens. Pastikan agar suara Anda ketika melakukan public speaking tidak terlalu pelan ataupun keras saat didengar.

Apabila suara terlampau pelan ketika menyampaikan materi seringkali membuat audiens cepat merasa bosan. Ketika melihat audiens bosan, kemungkinan Anda berniat akan segera mengakhiri pembicaraan meskipun materi belum tersampaikan seluruhnya.

4. Mengenali Audiens

Saat berbicara di depan umum, Anda akan menjumpai orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu, cobalah mengenali audiens Anda dan pastikan materi, pelafalan, bahasa tubuh, hingga nada suara sudah sesuai.

Cara mengenali audiens cukup mudah, yakni dengan memposisikan diri Anda sebagai hadirin yang sedang membutuhkan informasi. Dengan begitu Anda akan menghindari hal-hal yang mungkin membuat audiens merasa bosan atau bahkan tersinggung.

5. Menggunakan Slide Presentasi Menarik

Pada public speaking tertentu, penggunaan slide presentasi terkadang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi kepada pendengar. Jika Anda merupakan salah satunya, pastikan menggunakan slide persentasi bisnis yang jelas, padat, dan berisi.

Hindari penggunaan layout yang terlalu mencolok serta font terlampau besar atau kecil dan menghilangkan fokus. Supaya topik Anda menjadi lebih mudah dipahami dan menarik, tambahkan video, gambar, atau animasi yang relevan dengan materi.

Itu tadi penjelasan mengenai materi public speaking dan tips untuk melakukannya yang mungkin saat ini sedang Anda butuhkan. Diharapkan melalui penjelasan tadi, Anda bisa berbicara di depan umum tanpa merasa takut dan dapat menyampaikan seluruh materi dengan baik.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!