17 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris yang Umum Didapatkan

Mempersiapkan diri dengan baik memang sangat esensial untuk interview kerja, agar kamu lebih berkesempatan diterima dalam pekerjaan yang kamu inginkan. Nah, salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan yaitu mempelajari pertanyaan interview berbahasa Inggris, ET Mates. Kenapa? Karena pada zaman modern ini, tak jarang ada recruiter yang mencari karyawan dengan kemampuan Bahasa Inggris Bisnis sebagai nilai tambah, hingga interview-nya juga dilakukan dengan Bahasa Inggris. Kamu pun harus siap menghadapinya kalau ingin dilihat sebagai kandidat yang kuat. Oleh karena itu, memahami pertanyaan interview Bahasa Inggris yang sering muncul adalah hal yang penting dilakukan ya, ET Mates.

 

Contoh pertanyaan interview Inggris dan sedikit penjelasan

Nah, agar kamu mudah mempelajarinya, kami sudah mengumpulkan 17 contoh pertanyaan interview Inggris dan sedikit penjelasan masing-masingnya untukmu.

 

1. Tell me about yourself.

Arti: Ceritakan tentang dirimu
HRD ingin tahu lebih banyak tentang latar belakangmu dan pengalamanmu secara ringkas. Pertanyaan ini bertujuan untuk menilai kepercayaan diri dan motivasimu untuk bekerja. Jadi jelaskanlah dan tonjolkan hal-hal tersebut dengan sebaik mungkin di bagian ini.

 

2. What experience do you have?

Arti: Pengalaman apa yang kamu miliki?
Jelaskan pengalaman apa pun yang kamu miliki sesuai dengan bidang dan kualifikasi perusahaan yang kamu lamar. Sesedikit apa pun pengalaman itu, seharusnya akan berharga untuk menonjolkan kemampuanmu di mata HRD.

3. Why do you want this job?

Arti: Kenapa kamu menginginkan pekerjaan ini?
Untuk pertanyaan ini, HRD ingin tahu motivasimu untuk bekerja di posisi yang kamu lamar. Siapkan jawaban yang menonjolkan minatmu yang tinggi, ya.

4. What do you know about this company?

Arti: Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
HRD ingin tahu pengetahuanmu tentang perusahaan ini sebelumnya. Ini bisa menentukan bila kamu memang siap dan termotivasi untuk bekerja di perusahaan tersebut. Untuk menjawabnya, jelaskan apa pun fakta yang kamu ketahui tentang perusahaan yang kamu lamar. Mulai dari bidangnya, jasa apa yang mereka berikan, hingga objektif mereka.

5. Why are you interested in this company?

Arti: Mengapa kamu tertarik dengan perusahaan ini?
Berikan alasan yang lebih detail tentang motivasi kamu bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar. Tujuannya agar HRD bisa yakin bahwa kamu memang berminat untuk berkontribusi kepada perusahaan tersebut. Jika misalnya perusahaannya dikenal telah memenangkan banyak penghargaan, maka kamu bisa menggunakan itu sebagai alasan untuk bergabung dengan mereka.

READ  Contoh CV Bahasa Inggris Beserta Cara Penyusunan yang Baik

6. What are your strengths and weaknesses?

Arti: Apa kelebihan dan kekuranganmu?
Kelebihan dan kekurangan sudah sangat umum ditanyakan saat interview untuk menilai kecocokanmu dengan perusahaan. Untuk pertanyaan ini, kamu bisa menyiapkan tiga jawaban untuk masing-masingnya, ya. Sedikit tips, tambahkan juga caramu mengatasi kekuranganmu. Ini akan menjadi nilai tambah bagi HRD.

7. Do you find it difficult to adapt to new situations?

Arti: Apakah kamu kesulitan untuk beradaptasi dengan situasi baru?
Dari pertanyaan ini, HRD ingin tahu bila kamu mampu beradaptasi dengan berbagai situasi yang mungkin muncul di kantor. Maka pastikan kamu sudah paham keadaan seperti apa yang kerap terjadi di kantor dan bila kamu bisa menghadapinya.

8. What are your salary expectations?

Arti: Berapa ekspektasi gaji yang kamu harapkan?
Pastikan kamu sudah mengetahui gaji yang pas untuk posisi yang kamu lamar sesuai dengan kompetensi dan kebutuhanmu. Ini bisa membantumu memberikan jumlah yang realistis dan tidak merugikan perusahaan, agar HRD mau menerimamu.

9. Why should we hire you?

Arti: Mengapa kami harus menerima kamu?
Jelaskan kualifikasimu dan segala kelebihanmu untuk menjawab pertanyaan ini. Tujuannya agar HRD yakin bahwa kamu orang yang tepat untuk bergabung dengan kantor mereka.

10. When are you available to start working?

Arti: Kapan kamu bisa mulai bekerja?
Pertimbangkan dulu kapan kamu bisa memulai. Apakah secepatnya? Apakah kamu perlu memberikan one month notice kepada kantormu saat ini?

11. How did you hear about this position?

Arti: Bagaimana kamu mendengar tentang posisi ini?
HRD ingin mengetahui bila kamu memang spesifik ingin masuk ke perusahaan ini. Jika kamu melamar atas rekomendasi, pastikan kamu menyinggungnya dan menyebut nama karyawan yang merekomendasikan untuk menjadi nilai tambahan.

12. How do you deal with pressure or stressful situations?

Arti: Bagaimana kamu mengendalikan tekanan dan situasi yang membuat stres?
Pertanyaan ini diberikan untuk meyakinkan HRD bahwa kamu mampu bekerja di bawah tekanan dan tidak mudah resah. Untuk menjawabnya, kamu bisa menceritakan pengalamanmu mengatasi hal-hal tersebut pada masa lalu, yang bisa kamu pergunakan pada masa depan.

READ  5 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Penting bagi Karyawan

13. What type of work environment do you prefer?

Arti: Lingkungan kerja seperti apa yang kamu sukai?
Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu tahu lingkungan kerja di perusahaan yang kamu lamar. Dengan memberikan jawaban yang sesuai dengan perusahaan, kamu akan dianggap cocok dengan perusahaan tersebut.

14. Do you prefer working independently or with a team?

Arti: Apakah kamu lebih suka bekerja secara independen atau dengan tim?
Biasanya, pertanyaan ini sekadar mengukur kemampuanmu untuk bekerja sendiri atau dengan tim tanpa jawaban yang benar atau salah. Untuk menjawabnya, kamu bisa memilih preferensi mana pun, namun tekankan bahwa kamu juga bisa melakukan yang sebaliknya.

15. Why did you leave your previous job?

Arti: Kenapa kamu meninggalkan pekerjaanmu yang sebelumnya?
Pertanyaan ini diberikan oleh HRD untuk memahami apa alasanmu baik atau buruk untuk meninggalkan perusahaanmu sebelumnya, yang akan menunjukkan kepribadianmu.

16. Where do you see yourself in five years?

Arti: Apa tujuanmu untuk 5 tahun kemudian?
Untuk pertanyaan ini, HRD ingin mengetahui apakah kamu siap mencapai arah dan tujuan kariermu, serta apakah tujuanmu sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

17. How do you handle conflict at work?

Arti: Bagaimana caramu mengatasi konflik dalam dunia kerja?
HRD ingin mengetahui bila kamu bisa mengatasi konflik di kantor dengan kemampuan problem solving.

 

Nah, tujuh belas pertanyaan interview Bahasa Inggris tadi sangat umum untuk ditanyakan oleh pewawancara. Memang, sulit untuk memikirkan jawaban untuk semuanya. Namun jika ingin lulus, penting bagimu untuk menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan jelas, dibekali percaya diri dan motivasi. Hal tersebut bisa membuat HRD percaya bahwa kamu adalah kandidat yang mereka cari di antara yang lainnya. Untuk itu, latihlah kemampuan Bahasa Inggrismu dan belajar untuk menjawab dengan baik dan lancar ya ET Mates, sehingga kamu bisa menyampaikan jawabanmu dengan baik!

 

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!