3 Prospek Kerja Bahasa Inggris yang Sangat Menguntungkan

Tahu gak, sih? Kalau kamu bisa Bahasa Inggris, prospek karier kamu akan sangat meluas lho. Bahkan, kamu berpeluang mendapatkan pekerjaan yang bayarannya puluhan juta rupiah! Hal ini karena memahami Bahasa Inggris sepenuhnya berarti kamu juga menguasai teknik-teknik tertentu, seperti berkomunikasi, menulis, membaca, atau mendengarkan dalam Bahasa Inggris. Masing-masingnya bisa sangat berguna untuk lingkup pekerjaan yang berbeda. Apa saja pekerjaannya? Simak 3 prospek kerja Bahasa Inggris ini, yang bisa sangat menguntungkan untukmu!

 

1. Marketing Director

Bila kamu bisa Bahasa Inggris, kamu juga berpeluang untuk kerja di bidang marketing, lho. Dalam perusahaan, Marketing Director memegang peran penting untuk memasarkan suatu produk secara ampuh. Dengan memanfaatkan pengetahuanmu dalam Bahasa Inggris dan kemampuan komunikasi, kamu akan mampu menarik lebih banyak klien sebagai Marketing Director, termasuk orang-orang asing. Skill yang kamu miliki ini juga bisa sangat berharga untuk perusahaan luar negeri, yang pastinya bisa memberi upah yang lebih tinggi. Bahkan di Indonesia saja, upah Marketing Director bisa mencapai sekitar Rp20 juta per bulannya.

 

Adapun beberapa keterampilan yang kamu butuhkan untuk menjadi Marketing Director adalah:

 

Public Speaking

Untuk menjadi Marketing Director, kemampuan public speaking cukup krusial untuk mempromosikan produk yang dimiliki suatu bisnis kepada khalayak banyak.

 

Persuasif

Sebagai Marketing Director, kamu tidak hanya mengenalkan produk ke muka publik, tetapi juga memersuasi mereka untuk membelinya. Oleh karena itu, skill persuasi yang oke wajib kamu dimiliki untuk bisa sukses di posisi ini.

 

Bekerja dengan Tim

Marketing Director sebagai bagian dari tim, harus bisa menjalin koordinasi dengan divisi lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Kemampuan Menganalisa

Marketing Director bekerja dengan klien dan memasarkan produknya pada suatu target pasar. Oleh karena itu, mereka harus bisa menganalisa dan memahami kebutuhan banyak orang, baik itu klien bisnis maupun pembeli. Hal ini juga melibatkan empati mereka untuk bisa melihat dari sisi orang lain.

 

2. Penulis Naskah / Screenwriter

Penulis Naskah memiliki tugas mengembangkan ide dialog dan adegan pada suatu film yang akan tayang. Oleh karena itu, Penulis Naskah harus bisa menggabungkan ide-ide visual dengan tulisan untuk menciptakan adegan yang hidup dan membuat penonton tertarik. Dengan kemampuan Bahasa Inggris, Penulis Naskah akan lebih disukai karena bisa menerjemahkan materi tulisan apa pun menjadi Bahasa Inggris, termasuk subtitle film. 

READ  Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Bisnis Anda

 

Besar kecilnya gaji yang didapatkan Penulis Naskah pun tergantung dari proyek yang dikerjakan. Proyek yang lebih kecil seperti sinetron mungkin menghasilkan maksimal sekitar Rp10 juta. Tapi jika kamu mengerjakan proyek film yang besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar puluhan hingga ratusan juta lho, sebagai Penulis Naskah. Oleh karena itu, prospek kerja Bahasa Inggris ini pun bisa sangat menguntungkan jika kamu tekuni dengan sungguh-sungguh.

 

Adapun beberapa keterampilan yang kamu butuhkan sebagai Penulis Naskah adalah:

 

Kemampuan menulis

Penulis Naskah harus bisa menggunakan tanda baca, gaya bahasa, dan struktur kalimat yang tepat. Lebih menguntungkan lagi jika Penulis Naskah mengenal banyak kosakata untuk mendeskripsikan segala suasana cerita dengan baik dan benar.

 

Keterampilan Komunikasi

Penulis Naskah biasanya bekerja dalam sebuah tim. Mereka akan berkolaborasi dengan produser, pemeran, sutradara, dan pihak-pihak lainnya yang bersangkutan demi terciptanya sebuah film yang maksimal. Komunikasi pun menjadi kunci utama untuk menjalin kerja sama yang baik antara Penulis Naskah dan divisi lainnya.

 

Riset

Banyak adegan, tokoh, dan latar cerita yang digunakan dalam sebuah naskah. Setiap-setiapnya pun membutuhkan riset yang mendalam dan akurat, terutama jika ceritanya berdasarkan kisah nyata.

 

Kreativitas

Menciptakan ide-ide yang segar, unik, dan menarik untuk penonton tentunya sangat membutuhkan kreativitas. Penulis Naskah pun diwajibkan untuk bisa memutar otaknya untuk membuat ide yang tepat sasaran dengan kebutuhan cerita dan minat penonton.

 

3. Copywriter

Copywriter adalah profesi seseorang yang membuat tulisan untuk tujuan promosi atau penjualan. Zaman sekarang, sudah banyak sekali peminat profesi Copywriter. Hal ini karena Copywriter berperan penting untuk memikat pelanggan dalam bidang pemasaran, baik itu untuk bisnis kecil maupun besar, sehingga lowongan mudah ditemukan dan kamu bisa mendapatkan gaji yang besar. 

READ  Menguasai Simple Past Tense dengan Mudah

 

Dengan kemampuanmu berbahasa Inggris, kamu bisa lebih mudah diterima sebagai Copywriter, karena banyak yang membutuhkan copy berbahasa Inggris untuk kebutuhan pemasaran. Kamu juga bisa memanfaatkan kemampuanmu untuk freelance dengan perusahaan luar negeri yang menghasilkan gaji dolar. Ketika kamu sudah beberapa lama freelance, kamu bisa mendapatkan sekitar Rp10 juta per hari.

 

Adapun beberapa keterampilan yang kamu butuhkan sebagai Copywriter adalah:

 

Kemampuan Riset

Banyak yang mengatakan bahwa copywriting adalah 70% riset. Ini karena Copywriter perlu memahami banyak hal sebelum pembuatan copy, misalnya pengetahuan kebutuhan audience, keperluan brand, dan lain-lainnya.

 

Analitis

Sama seperti Marketing Director, Copywriter bekerja dengan banyak klien dan target pasar yang berbeda. Oleh karena itu, mereka harus bisa menganalisa dan memahami kebutuhan berbagai orang, baik itu klien maupun pembeli yang dituju. Dalam prosesnya, empati mereka juga dilibatkan untuk bisa melihat dari sisi orang lain.

 

Persuasi

Copywriter juga bergerak di bidang promosi. Karenanya, Copywriter harus bisa meyakinkan target pasarnya untuk membeli suatu produk dengan mengaplikasikan teknik-teknik persuasi dan negosiasi yang ampuh.

 

Keterampilan Menulis

Biasanya, Copywriter mengandalkan formula-formula tertentu untuk menciptakan sebuah tulisan yang tak hanya meyakinkan, tetapi juga tersampaikan dengan jelas dan efektif agar pembaca memahaminya. Penggunaan tanda baca yang benar dan ejaan yang tepat juga sangat dibutuhkan agar informasi bisa tersampaikan dengan baik. 

 

Prospek kerja Bahasa Inggris memang banyak dan beragam, ET Mates. Tetapi pada intinya, kemampuanmu dalam Bahasa Inggris pasti bisa membantumu lebih mudah diterima dalam perusahaan atau mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Kamu pun juga bisa mengambil kesempatan untuk bekerja dengan perusahaan luar negeri, yang akan memberi upah berkali-kali lipat lebih banyak untukmu. 

Tertarik dengan 3 peluang karir yang menguntungkan di atas? Daftar Kursus Bahasa Inggris English Today Sekarang dan raih masa depan cerah!

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!