Wajib Tahu, Inilah 8 Cara Mudah Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

Belajar pengucapan Bahasa Inggris termasuk elemen kunci dalam berkomunikasi lisan dengan orang lain. Sebab, tanpa pelafalan yang baik dan benar, tentu lawan bicara Anda akan sulit memahami apa yang sedang diucapkan. Pengucapan atau pronunciation dalam Bahasa Inggris perlu memperhatikan artikulasi, intonasi, dan penekanan yang tepat dari mulut.
Sehingga, pronunciation perlu dilatih agar orang lain tidak salah paham dan pembicaraan pun menjadi lebih efektif. Mengerti pengucapan Bahasa Inggris juga cukup penting saat melakukan tes TOEFL atau IELTS, lho. Nah, bagi Anda yang masih merasa sulit mengasah kemampuan pengucapan Bahasa Inggris, berikut ini cara terbaik yang bisa diterapkan.

8 Cara Mudah Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

Sulitnya mempelajari pronunciation Bahasa Inggris biasanya terjadi karena Anda kurang konsisten melatih ejaannya atau terlalu fokus akan tulisannya. Maka dari itu, perhatikan 8 cara mudah di bawah ini agar pronunciation semakin oke.

 

1. Pilih Aksen Bahasa Inggris yang Diinginkan

Ada banyak pilihan aksen dalam Bahasa Inggris, tapi yang paling umum digunakan adalah pronunciation memakai British dan Amerika. Keduanya memiliki gaya pelafalan yang berbeda, sehingga putuskan dahulu aksen bahasa yang ingin digunakan sebelum belajar pengucapan Bahasa Inggris.
Misalnya, jika Anda mengidolakan pronunciation seperti tokoh Harry Potter, maka akan cocok memilih British English. Sedangkan, American English cocok dipilih jika ingin suaranya terdengar seperti Justin Bieber. Akan lebih baik jika Anda memilih aksen bahasa sesuai rencana kuliah atau karier di luar negeri.

 

2. Pelajari Phonetic Symbol

Banyak orang merasa bangga ketika bisa berbicara Bahasa Inggris dengan cepat karena menandakan kalau ia mahir. Padahal ini belum tentu, sebab pengucapan kata yang tepat harus sesuai dengan phonetic symbol.
Simbol fonetik adalah karakter yang tertera dalam kamus digital maupun offline yang menunjukkan cara pengucapan kosakata benar. Sangat penting mempelajarinya agar pengucapan kosakata Bahasa Inggris terdengar jelas oleh lawan. Misalnya, pada kata “How” seharusnya dibaca /Hau/, bukan “How”.

READ  8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Konversasi, Yuk Praktikkan!

 

3. Berlatih Intonasi dari Pemenggalan Kosakata

Belajar pengucapan Bahasa Inggris tentunya juga harus mengasah kemampuan intonasi dan penekanan suara pada setiap kosakatanya. Misalnya, kata “Present” akan berarti hadiah, hadir, atau saat ini jika diberi tekanan awal, yakni /’PRIzent/. Namun akan berarti mempersembahkan ketika Anda memberinya tekanan di akhir, yaitu /’priZENT/.
Adapun cara pemenggalan kosakata untuk membantu intonasi pengucapan Bahasa Inggris bisa menggunakan 2 suku kata atau lebih. Beberapa vocabulary yang memiliki kata singkat, seperti fast, large, atau cute. Sementara, suku kata yang lebih panjang, ada disappointment, vegetables, preservation, dan lainnya.

 

4. Dengar dan Tiru Cara Berbicara Native Speakers

Saat ini, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan media televisi, radio, gadget, atau sumber lainnya untuk memutar percakapan Bahasa Inggris dari penutur aslinya. Nah, di sini Anda bisa memperhatikan bagaimana mereka berbicara, intonasinya, hingga cara pengucapannya.
Kemudian, Anda bisa menjedanya sejenak untuk meniru apa yang native speakers ucapkan. Lakukan secara rutin agar Anda organ mulut, bibir, lidah, tenggorokan, dan pita suara Anda semakin terbiasa dengan kata Bahasa Inggris.

 

5. Jangan Takut Ikuti Kegiatan Berbicara Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang yang mulai belajar pengucapan Bahasa Inggris mungkin akan merasa tidak percaya diri, takut ditertawai, atau takut salah. Nah, Anda harus mengalahkan segala rasa takut ini dengan sering-sering ikuti kegiatan yang memaksa berbicara. Sebab, semakin diasah, tentu pronunciation akan bertambah baik dan lancar.
Ada banyak English Club di media sosial yang bisa Anda ikuti secara gratis untuk membangun mental berbicara. Di sana, Anda juga bisa menemukan teman belajar untuk diajak berbicara Bahasa inggris dan minta mereka menilai atau memberi saran terkait cara pengucapan Anda.

READ  Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

 

6. Rekam dan Dengarkan Pronunciation Anda

Meskipun Anda sudah merasa benar mengucapkan kalimat dalam Bahasa Inggris, tapi terkadang sangatlah berbeda saat didengarkan. Oleh sebab itu, penting untuk merekam diri sendiri ketika sedang berlatih pronunciation.
Jika sudah selesai, Anda bisa mendengarkan kembali dan nilai apakah pengucapan tersebut sudah sesuai dengan pelafalan yang benar. Nah, apabila belum sesuai, Anda bisa menandai kata-kata yang masih salah pengucapannya, lalu cek di kamus untuk memperbaikinya.

 

7. Belajar dengan Bantuan YouTube

Belajar pronunciation Bahasa Inggris, sekarang juga memungkinkan hanya lewat bantuan Youtube. Hal ini sangat bagus diterapkan bagi Anda yang mudah bosan karena biasanya disematkan teks, audio, dan gambar menarik. Poin tambahnya, Anda juga bisa belajar bagaimana mimic wajah saat mengucapkan kata atau kalimat tertentu dengan tepat.
Pilih channel Youtube yang menyediakan pembahasan lengkap dan beragam, tentunya dengan penyampaian materi jelas. Sehingga, nantinya Anda akan semakin merasa nyaman dan terus semangat belajar pengucapan Bahasa Inggris.

 

8. Melatih Otot Lidah saat Berbicara

Pernah dengar teknik tongue twister untuk melatih otot lidah sebelum berbicara? Nah, cara ini ampuh dipraktikkan agar pengucapan Bahasa Inggris Anda terdengar lebih jelas dan tidak kaku. Terlebih, bagi non-native speaker pasti kurang terbiasa dengan pengucapan “TH” (Think), “L” (Light), atau “R” (Right).
Mulailah dengan mengucapkan perlahan, lalu ulangi dengan intonasi yang lebih cepat dan berulang kali. Beberapa contoh tongue twister untuk melatih pengucapan, seperti “Peter Piper picked a peck of pickled peppers”, “She sells seashells by the seashore”, dan lainnya.

Bagaimana, ternyata cukup mudah bukan belajar pengucapan Bahasa Inggris? Anda bisa ulangi seluruh langkah tadi agar pronunciation Bahasa Inggris semakin bagus dan jangan malas untuk mempelajari teknik-teknik berbicara agar pelafalan terlihat lebih natural.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!