Media Belajar Bahasa Inggris Bisnis dan Tips Cepat Menguasai Skill Ini

 

Belajar apapun akan terasa lebih efektif kalau didukung dengan penggunaan media yang sesuai, termasuk dalam belajar bahasa Inggris bisnis. Apalagi kalau kamu mengikuti kursus bahasa Inggris yang kebanyakan siswanya termasuk orang yang ambisius. Biasanya mereka akan sangat sibuk belajar dan memperhatikan materi sehingga kalian jarang berinteraksi. Padahal, sesekali kalian perlu mengobrol untuk saling bertukar pikiran atau menanyakan pendapat.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengajar atau guru bahasa Inggris agar semua siswanya bisa tetap bersosialisasi dengan baik di dalam kelas. Memilih media yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan siswa akan membuat suasana terasa lebih menyenangkan daripada biasanya. Jikalaupun kamu belajar sendiri, penggunaan media juga bisa menunjang kegiatan belajarmu biar lebih cepat memahami materi.

 

Beberapa Media Belajar Bahasa Inggris Bisnis yang Mudah Diakses

Kalau kamu merupakan guru bahasa Inggris bisnis, menguasai materi yang umum dipelajari saja nggak cukup.

Kamu juga perlu terampil dalam mengkondisikan kelas dengan cara memilih media pembelajaran yang menarik. Ini dia beberapa media belajar bahasa Inggris yang mudah diakses:

 

1. Podcast Bisnis

Dewasa ini, podcast menjadi salah satu media yang sangat efektif buat mencari informasi, hiburan, atau belajar. Kamu bisa menggunakan podcast sebagai media belajar bisnis yang efektif dan efisien. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendengarkan podcast menarik antara lain adalah Google Play Music, CastBox, atau Apple Podcast. Kamu cukup mengetikkan podcast bahasa Inggris bisnis atau podcast bisnis di aplikasi tersebut.

Kamu bisa mendorong siswa untuk mendengarkan podcast yang mereka minati untuk mempercepat belajarnya. Saat di kelas, kamu juga bisa meminta mereka menyimak podcast yang kamu putar kemudian berikan tugas secara mandiri dan berkelompok. Dengan begitu, mereka bisa saling bertukar pikiran satu sama lain.

 

2. TED (Technology, Entertainment, and Design)

TED merupakan sumber online yang menawarkan koleksi pembicaraan dan obrolan dari para ahli, pemimpin bisnis, artis, dan orang-orang berpengaruh lainnya. TED memiliki misi untuk berbagi ide dengan seluruh dunia serta dapat memulai suatu diskusi atau perdebatan yang menarik mengenai suatu tema. Sebagian besar video yang ada di TED memiliki durasi sekitar 18 menit sehingga nggak akan membosankan untuk disimak.

Di sana juga terdapat berbagai pilihan terjemahan dalam bahasa lain yang ditawarkan secara gratis. Dengan begitu, kamu  bisa menemukan video yang sesuai kebutuhan siswa di kelas dengan cepat. Berikut ini cara menggunakan TED sebagai media belajar bahasa Inggris bisnis di kelas:

  • Cari topik video yang relevan dengan kebutuhan siswa.
  • Kalau durasi video yang ada terlalu panjang, kamu bisa memilih bagian pentingnya saja untuk ditampilkan di kelas.
  • Unduh transkrip video di TED lalu sorot kosakata yang penting dan struktur bahasanya.
  • Tampilkan video tersebut di dalam kelas kemudian meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai topik yang dibahas dalam video.
  • Berikan transkrip kepada siswa agar mereka bisa mencari item kosakata yang belum mereka ketahui.
  • Lanjutkan diskusi kelas sampai menghasilkan presentasi tentang topik yang serupa.

 

3. Twitter

Twitter merupakan media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan oleh kawula muda. Selain sebagai hiburan dan komunikasi, Twitter juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, berita, maupun ide dalam bentuk pesan singkat atau tweet. Media sosial ini terorganisir dengan baik karena kamu bisa mengikuti suatu topik dengan tagar (#).

Saat kamu mengklik suatu tagar, maka kamu bisa menemukan semua tweet yang terkait dengan topik pada tagar tersebut. Kalau kamu ingin menggunakan Twitter di kelas, sarankan kepada siswa dengan cara menyetel akun mereka ke mode pribadi dan menggunakan pengaturan pencarian aman. Tujuannya adalah agar mereka tidak melihat materi yang nggak pantas atau nggak diperlukan pada saat menjelajah.

READ  Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif untuk Berbagai Kalangan

Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan Twitter sebagai media belajar di kelas. So, ini dia langkah-langkahnya:

  • Mintalah siswa mencari artikel dan konten yang berkaitan dengan bisnis sesuai keinginan mereka. Setelah itu, minta mereka untuk meringkas isi artikel menggunakan bahasa sendiri kemudian membagikannya kepada semua siswa di kelas.
  • Kamu juga perlu mencari artikel sendiri kemudian jadikan sebagai dasar bahan bacaan. Tulis detail, pertanyaan inti, dan opini dalam rangka pemahaman dan untuk bahan diskusi di kelas.
  • Diskusikan artikel yang kamu dan siswa-siswa dapatkan di ruang kelas sambil menarik kesimpulan dari masing-masing artikel.
  • Minta siswa untuk menuliskan tweet dan berbagi cerita menarik di akun Twitter masing-masing. Dari situ, siswa akan belajar menulis dan berbagi pendapat secara online dengan orang lain.

 

4. Situs Web Berita Bisnis

Ada banyak situs berita bisnis online yang bisa digunakan untuk berdiskusi mengenai suatu topik. Kamu bisa mengajak semua siswa untuk membaca artikel secara bersama kemudian mendiskusikan gagasan berdasarkan artikel yang sudah dibaca. Dalam kelas bahasa Inggris bisnis hindari topik-topik yang sensitif seperti politik atau agama. Pilihlah artikel dengan topik yang relevan dengan bisnis atau kepemimpinan.

Biar siswa terlibat, kamu bisa menunjuk satu siswa setiap pertemuan untuk mencari artikel yang menarik. Setelah itu mintalah ia untuk membagikannya dengan semua siswa sekelas dan kalian bisa mulai mendiskusikannya.

Media yang disebutkan di atas tentunya tidak hanya bisa digunakan oleh para guru, tetapi kamu yang saat ini belajar business English juga bisa banget memanfaatkan media di atas untuk belajar subjek ini.

 

Tips Cepat Menguasai Bahasa Inggris Bisnis

Biasanya seseorang berusaha untuk menguasai bahasa Inggris bisnis dengan cepat karena suatu alasan, misalnya tuntutan perusahaan.

Sebenarnya, kalau kamu sudah tahu dan memahami dasar-dasar bahasa Inggris, hal ini bukanlah hal yang sulit. Apalagi juga ada beberapa tips yang bisa dilakukan biar kamu lebih cepat menguasai bahasa Inggris untuk bisnis. Tips berikut berlaku bagi semua pihak baik untuk guru maupun siswa. Kamu yang sekarang berprofesi sebagai seorang tutor, bisa mengenalkan tips belajar business English yang tertera di artikel ini. Jika kamu adalah seorang siswa, maka kamu bisa langsung menerapkan tips berikut, di antaranya:

 

Rajin Membaca Koran atau Situs Berbahasa Inggris

Di Indonesia, kamu pasti sering menemui surat kabar atau koran berbahasa Inggris yang harganya nggak terlalu mahal. Membuka koran seminggu sekali dan membaca berita informasi tentang bisnis akan mengembangkan keterampilan pemahaman bahasa tertulis kamu. Selain itu, di koran juga terdapat beberapa informasi lain yang memungkinkan kamu buat nggak terpaku pada bagian bisnis saja.

Tapi, kalau di sekitarmu jarang ditemui koran yang berbahasa Inggris, kamu bisa juga membaca informasi bisnis di internet. Informasi yang ditawarkan di internet biasanya lebih lengkap dan jangkauannya lebih luas. Beberapa situs berita online berbahasa Inggris yang bisa kamu akses antara lain adalah BBC Business News atau Business Week.

 

Menonton Berita Bisnis dan Keuangan Berbahasa Inggris di TV

Menonton TV merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Namun, daripada menonton sesuatu yang nggak ada manfaatnya, kamu bisa menonton berita seputar bisnis atau keuangan berbahasa Inggris yang disiarkan di stasiun TV. Biasanya, berita yang ditayangkan di TV memiliki segmen seputar bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan dan bahasa bisnismu.

Bahasa Inggris bisnis dalam berita selalu bersifat lebih formal daripada film atau acara TV lainnya. Biasanya juga ada wawancara dengan pelaku bisnis atau karyawan yang sudah sukses dalam bisnis yang dijalani. Kamu bisa menyisihkan waktu selama 15-30 menit per hari di waktu luang untuk menonton berita bisnis di TV.

READ  8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Konversasi, Yuk Praktikkan!

 

Menonton Acara TV dan Film Berbahasa Inggris

Kalau kamu mau tetap belajar bahasa Inggris namun yang bersifat hiburan, kamu bisa menonton film atau acara TV lainnya. Kamu bisa benar-benar jago berbahasa Inggris kalau rajin mendengarkan obrolan bahasa Inggris setiap hari. Kamu juga bisa mengetahui frasa dan kosakata baru saat menonton film dari luar negeri. So, meskipun informal, bukan berarti kamu nggak bisa belajar dari film atau tontonan TV lainnya.

Kamu bisa menonton sambil mengaktifkan subtitle untuk mengetahui arti dari kata-kata yang belum kamu ketahui. Beberapa acara TV yang disarankan antara lain adalah The West Wing, Wall Street, Wolf of Wall Street, dan Mad Men.

 

Buatlah Target

Membuat target dan tujuan yang ingin dicapai akan membantu kamu untuk belajar lebih cepat. Sesederhana apapun target yang dibuat, itu bisa membawa pengaruh yang besar buat ke depannya. Cobalah untuk membuat target kecil misalnya menghafalkan lima kosakata per hari. Meskipun terdengar sepele, dalam waktu satu bulan kamu bisa menguasai lebih dari 100 kosakata baru dalam bahasa Inggris.

Kalau kamu belajar bahasa Inggris sambil bekerja atau sekolah, sesuaikan target dengan kemampuanmu membagi waktu. Jangan sampai ada satu kegiatan yang terbengkalai karena kegiatan lainnya. Kalau kamu memang punya kegiatan yang cukup padat setiap harinya, buatlah target yang kecil-kecil saja.

 

Belajar dengan Sungguh-sungguh

Kalau kamu sedang sendirian di rumah, kamu bisa berlatih berbicara bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Pada awalnya mungkin kamu akan merasa sedikit minder, tapi kamu perlu melakukannya biar lebih cepat menguasai bahasa Inggris bisnis. Berbicara dengan lantang akan menghubungkan otot-otot wajahmu dengan informasi di otak.

Dengan begitu, otak akan terlatih untuk mengucapkan kata-kata tanpa berpikir serta meningkatkan kefasihan dan pengucapan kamu. Namun, selain melatih speaking, kamu juga harus sambil mempelajari aturan tata bahasa yang benar. Tujuannya adalah agar nanti kamu bisa berkomunikasi dengan lancar dan benar dengan orang lain.

 

Tempatkan Diri dalam Situasi Bahasa Inggris yang Nyata

Mengikuti kursus bahasa inggris memang merupakan hal yang efektif kalau kamu ingin cepat menguasai bahasa Inggris. Tapi kalau kamu mau cara yang lebih cepat dari kursus, kamu bisa mempraktekkannya secara langsung. Kalau ada cukup biaya, kamu bisa mengunjungi negara yang menggunakan bahasa Inggris. Di sana nanti kamu mau tak mau harus berbicara pakai bahasa Inggris sehingga lama-kelamaan akan terlatih.

Kalau sibuk atau nggak punya terlalu banyak biaya, kamu bisa mendaftar di kursus yang pengajarnya merupakan penutur asli bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tes speaking yang tersedia banyak di internet.

 

Review Sebelum Tidur

Otak manusia memproses informasi baru ketika kita sedang tidur. Oleh karena itu, sebelum tidur kamu bisa membaca kosakata penting atau materi yang sudah kamu pelajari. Dengan rajin melakukan review sebelum tidur, informasi yang kamu baca akan lebih melekat di otak. Nggak perlu belajar dengan terlalu keras, cukup baca secara sekilas sebelum tidur itu sudah cukup.

 

Itu dia beberapa media yang cocok untuk belajar bahasa Inggris bisnis dan tips cepat menguasainya. Kamu bisa mempraktikkan tips-tips di atas kalau selama ini kamu sudah belajar namun belum juga menguasai skill ini. Pilih juga media yang paling sesuai sama kebutuhan belajar kamu untuk menunjang pemahaman materi. Selamat mencoba!

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!