10 Istilah Penting Bahasa Inggris untuk Karyawan

Di era persaingan global yang semakin ketat, Anda perlu mengetahui istilah-istilah penting bahasa Inggris untuk karyawan agar kesempatan kerja semakin luas. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tentu sangat dibutuhkan agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan kerja atau klien luar negeri.

\Nah, jika karyawan pandai akan istilah bahasa Inggris, pasti produktivitas juga akan meningkat. Bahkan, Anda bisa membangun jaringan bisnis dengan berbagai perusahaan, seperti berinovasi dalam bidang IT, digital marketing, dan inovasi teknologi lainnya. Agar tidak kebingungan mengenai istilah bahasa Inggris untuk karyawan, yuk simak sederet kosakata berikut.

 

Daftar Istilah Penting Bahasa Inggris untuk Karyawan

Bagi Anda yang baru lulus sekolah dan ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional, tentu syarat utamanya harus fasih dan paham istilah bahasa Inggris. Berikut ini beberapa istilah bahasa Inggris yang cukup sering dipakai dalam proses komunikasi pekerjaan.

10 Istilah Penting Bahasa Inggris untuk Karyawan

 

Brainstorming

Istilah bahasa Inggris untuk karyawan pertama yang identik dengan pekerja kreatif, seperti content creator, digital marketing, dan lainnya adalah brainstorming. Brainstorming merupakan ajang diskusi untuk saling berpendapat dengan tujuan menghasilkan ide baru yang cemerlang.

Jadi dalam pelaksanaannya, setiap orang wajib membagikan ide yang mereka pikirkan kepada sesama peserta diskusi. Kemudian, ide-ide tersebut akan dikumpulkan dan dimusyawarahkan untuk mendapatkan solusi terbaik dari suatu permasalahan.

 

Business to Business (B2B)

Business to business atau yang lebih dikenal dengan istilah B2B merupakan terjemahan dari ‘Bisnis ke Bisnis’. Artinya, perusahaan tersebut hanya menjual produk barang dan jasa kepada perusahaan lain atau dikenal sebagai transaksi bisnis antar perusahaan.

 

Nah, agar transaksi B2B berjalan lancar, tentu perusahaan harus memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalin kerjasama dengan client. Misalnya, jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa kursus bahasa inggris, maka bisa bekerja sama dengan kantor-kantor multinasional yang ingin karyawannya fasih berbahasa Inggris.

Leave of Absence

Dalam istilah bahasa Inggris untuk karyawan, kata leave artinya cuti atau libur dan absence berarti kehadiran. Dengan begitu, leave of absence ini bisa Anda gunakan jika berhalangan hadir di kantor atau tidak dapat melaksanakan pekerjaan sesuai semestinya. 

READ  Cara Meningkatkan Skill Writing Bahasa Inggris Bisnis dengan Cepat!

Nah, istilah leave of absence yang berlaku di Indonesia ini lazimnya dibagi dalam beberapa kelompok. Misalnya, annual leave (cuti tahunan), unpaid leave (cuti dengan dipotong gajinya), sick leave (cuti sakit), maternity leave (cuti hamil), dan lain-lain.

 

Purchase Order (PO)

Purchase order atau PO mungkin sudah sering terdengar di telinga Anda. Tapi, kebanyakan orang awam pasti mengira arti istilah PO adalah pemesanan sesuatu melalui marketplace atau toko online. 

Memang hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab PO dalam dunia transaksi merupakan kependekan dari pre-order. Sedangkan di dunia kerja, PO lebih merujuk pada istilah purchase order yakni dokumen transaksi pembelian. Jadi, PO ini isinya mengenai jumlah dan jenis produk yang dipesan oleh pembeli. 

 

Job Desc

Job description atau disingkat job-desc merupakan uraian wewenang, tanggung jawab, kualifikasi, serta tugas-tugas dari setiap divisi perusahaan. Job-desc ini idealnya berupa dokumen-dokumen pekerjaan yang membantu perusahaan memahami rincian kerja para karyawannya.

Namun, hingga sekarang masih banyak orang salah mengira bahwa job-desc dan job-desk ini memiliki makna yang sama. Istilah job-desc berarti tugas kerja seperti yang dijelaskan tadi, sementara job-desk lebih merujuk pada orang yang bekerja kantoran.

 

Deadline 

Deadline merupakan istilah bahasa Inggris untuk karyawan yang berarti tenggat waktu. Selain di tempat kerja, istilah ini mungkin juga sudah pernah Anda dengar di bangku sekolah atau universitas.

 

Arti deadline juga dapat didefinisikan sebagai batas akhir sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu. Terkadang, pekerja yang mengumpulkan pekerjaan melebihi deadline akan dikurangi gajinya sebagai bentuk hukuman atas tanggung jawab yang diemban.

 

Onboarding

Onboarding termasuk kosakata bahasa Inggris yang kerap dipakai oleh karyawan baru. Sebab, onboarding ini bisa diartikan sebagai proses memperkenalkan karyawan baru pada seluk beluk perusahaan.

READ  Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

Biasanya, karyawan baru tersebut akan diminta memahami dan mengingat budaya kerja perusahaan, visi dan misi, struktur organisasi, hingga peraturan lainnya di tempat kerja. Proses ini dibutuhkan agar karyawan mampu beradaptasi dengan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan. 

 

Payday 

Istilah payday tentu sangat disukai pekerja kantoran karena artinya adalah hari gajian. Jadi, saat payday ini para pekerja kantoran pasti lebih bersemangat menyambut uang gaji yang akan diterima. 

Hari gajian atau payday setiap perusahaan umumnya bervariasi, sebab masing-masing perusahaan memiliki kebijakan sendiri saat menyerahkan uang gajian. Beberapa perusahaan ada yang menggaji di awal dan tengah bulan, namun sebagian juga ada yang memberikan bayaran setiap minggu. 

 

Key Performance Index (KPI)

Key performance index atau biasa disingkat KPI merupakan istilah bahasa Inggris untuk karyawan yang bertujuan mengukur kinerja seorang karyawan. Bukan hanya itu, KPI juga berfungsi mengasah kemampuan karyawan agar mereka mendapatkan dorongan kuat saat bekerja.

Dalam dunia kerja, key performance index sangat mempengaruhi kualitas Anda sebagai pekerja. Jadi, pastikan Anda selalu memberikan performa terbaik pada perusahaan agar jabatan kerja semakin meningkat. 

 

Overtime

Apakah Anda pernah bekerja melebihi jam operasional yang ditetapkan kantor? Nah, jika pernah, maka Anda bisa menerapkan istilah overtime untuk menyebut aktivitas ini. Overtime dengan artian lembur juga cocok digunakan oleh pegawai yang diminta atasannya mengejar deadline.

Tentu, perusahaan yang meminta karyawannya bekerja overtime harus menambah upah lembur. Namun, nominal tambahan upah tersebut biasanya tergantung peraturan yang dimiliki setiap perusahaan.

Demikian tadi daftar kursus bahasa Inggris untuk karyawan yang bisa Anda pelajari agar kepercayaan diri di kantor semakin meningkat. Beberapa istilah tadi memang memiliki makna yang sama dengan arti sebenarnya, tapi sebagian juga ada yang membutuhkan pemahaman lebih lanjut. Jadi, jangan malas untuk menambah pengetahuan vocabulary ya!

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!