Cara Menulis Resume dalam Bahasa Inggris yang Menarik

Menulis resume dalam bahasa Inggris termasuk bagian terpenting bagi para pencari kerja. Sebab, kini ada banyak perusahaan yang mewajibkan calon karyawannya bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Untuk itulah, resume letter dibuat dengan tujuan agar tim HRD tertarik merekrut Anda dalam posisi pekerjaan yang diajukan.

Resume merupakan dokumen yang berisi data diri seseorang, serta pengalaman prestasi dan kualifikasi sesuai ketentuan perusahaan. Biasanya resume ditulis dengan singkat, tapi kalimat yang digunakan pun harus jelas dan tidak ambigu. Yuk, simak tips penulisan resume dalam bahasa Inggris yang menarik berikut ini.

Tips Menulis Resume yang Menarik dalam Bahasa Inggris

Penulisan resume dalam bahasa Inggris memang tidak diberi batas halaman, sehingga boleh hanya terdiri dari 1 lembar saja. Meski begitu, informasi yang dicantumkan dalam resume harus detail, sehingga manager yang membacanya bisa memahami isinya dengan mudah.

Penggunaan Tata Bahasa Harus Tepat

Ketika menulis resume dalam bahasa Inggris, pastikan bahwa setiap kata dan kalimat yang ditulis menggunakan tata bahasa baku. Sebab, grammar dan vocabulary dalam bahasa Inggris ini berbeda dengan bahasa Indonesia. Tiga pola kalimat yang diterapkan dalam bahasa Inggris, seperti past tense, present tense, serta future tense.

Misalnya, saat menceritakan pengalaman kerja yang pernah dilakukan dapat menggunakan pola past tense. Sedangkan pekerjaan yang masih dijalankan bisa menggunakan present tense dan future tense untuk aktivitas yang akan dilakukan. Jadi, pastikan Anda mempelajarinya dengan cermat agar tidak mengurangi penilaian.

Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca Harus Benar

Dalam menulis resume dalam bahasa Inggris, ejaan dan tanda baca yang benar di setiap kalimat wajib Anda perhatikan. Jangan sampai, terjadi kesalahan ejaan atau tanda baca karena ini bisa menimbulkan kesalahpahaman dengan HRD. Sehingga, jika Anda merasa kurang yakin dengan apa yang ditulis, sebaiknya lakukan pemeriksaan dahulu menggunakan kamus atau mendatangi tempat kursus. Hindari pula pemberian penjelasan yang terlalu panjang lebar karena ini justru menyulitkan interviewer dalam menangkap makna resume Anda.

READ  Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

Tambahkan Pengalaman Kerja atau Organisasi yang Relevan

Menulis resume dalam bahasa Inggris seharusnya juga mampu menekankan pengalaman kerja yang dimiliki. Namun, tentu tidak seluruh pengalaman kerja dan organisasi yang Anda lakukan ini bisa dimasukkan dalam resume. Sebab, CV utamanya berisi penjelasan singkat, padat, dan jelas.

Nah, experience yang mampu meningkatkan peluang Anda terpilih sebagai kandidat terbaik biasanya berupa pengalaman yang relevan dengan posisi jabatan. Misalnya, jika Anda melamar di bidang accounting, sematkan pengalaman kerja seperti pernah magang di perusahaan pajak dan detail pengalaman kerja lainnya.

Pilih Layout dan Struktur Resume yang Keren

Menulis resume dalam bahasa Inggris yang menarik, pastikan Anda menggunakan layout serta struktur resume lebih keren dan mudah dibaca. Sebab, jika layout dan struktur resume yang Anda buat terkesan berantakan, tentu akan mengurangi minat recruiter membaca data diri Anda.

Jadi, agar resume yang Anda buat tidak sia-sia, maka gunakan template desain menarik dan mampu memanjakan mata. Sesuaikan pula jenis font dan ukurannya sesuai standar yang ada agar resume bahasa Inggris Anda mudah dibaca. Pastikan pula bahwa tata letaknya harus konsisten dengan margin di setiap sisinya minimal berjarak 1 cm.

Tulis Data Diri dan Skill secara Lengkap

Tips utama lainnya yang perlu Anda cantumkan ketika menulis resume dalam bahasa Inggris adalah riwayat data diri dan skills yang dimiliki. Tambahkan pula prestasi penting lainnya yang mendukung proses rekrutmen, seperti fotocopy sertifikat keahlian, sertifikat juara nasional, dan lain-lain.

Informasi data diri pelamar juga penting untuk dicantumkan lengkap, mulai dari nama lengkap, tinggi dan berat badan, nomor telepon, hingga riwayat pendidikan. Anda tidak perlu menulis seluruh skills yang dimiliki, cukup cantumkan beberapa saja yang paling dikuasai dan berkaitan dengan pekerjaan.

READ  Pahami Conditionals dalam Bahasa Inggris dengan Mudah

Cermati Syarat Ketentuan Perusahaan

Agar resume berbahasa Inggris Anda tidak mengalami penolakan oleh atasan, maka jangan abaikan semua persyaratan yang dicantumkan perusahaan. Cek dan pahami apakah Anda termasuk dalam kualifikasi tersebut.

Beberapa persyaratan spesifik yang kerap digunakan oleh perusahaan, seperti usia dan domisili pelamar, tinggi badan, serta kefasihan berbahasa Inggris. Umumnya, perekrut juga meminta Anda menunjukkan wawasan luas terkait bidang yang akan dilamar, sehingga pastikan selalu update perkembangan terkini.

Gunakan Kata Kerja Berkesan dan Hindari Kata Ganti

Kata kerja atau verbs merupakan golongan kata yang berisi pernyataan tindakan atau pengalaman. Penggunaan kata kerja sangat membantu perekrut memahami aneka pengalaman kerja Anda di masa lalu. Jadi, usahakan selalu menggunakan bentuk kata kerja yang lebih mengesankan.

Hindari pula penggunaan kata ganti pada sebuah resume karena akan membuatnya terkesan bertele-tele. Lebih baik, gunakan kalimat yang langsung spesifik atau to the point agar lebih mudah dipahami bagi perekrut.

Edit dan Revisi untuk Memastikan Penulisan Sudah Benar

Nah, tips terakhir yang tidak boleh diremehkan saat membuat resume berbahasa Inggris adalah membaca ulang dan meneliti kembali hasil tulisan. Ini berguna untuk memeriksa kembali apa yang sudah ditulis, baik itu ketepatan kosakata, tanda bahasa, ataupun tata bahasanya.

Pastikan pula tidak ada kesalahan penulisan kalimat karena ini akan sangat merugikan Anda sebagai pelamar kerja. Jika memungkinkan, Anda juga dapat meminta saran kepada native speakers bahasa Inggris untuk mengecek resume yang Anda buat. Nah, setelah itu, resume bisa Anda simpan dan kirimkan kepada calon atasan.

Itulah informasi terkait cara pembuatan resume dalam bahasa Inggris yang patut diperhatikan saat mendaftar pekerjaan di perusahaan besar. Ingat, resume tidak hanya menunjukkan data diri Anda, melainkan tingkat profesionalitas Anda dalam pekerjaan. Sebab, seseorang yang mampu membuat resume dengan benar pasti memahami grammar dan tata bahasanya juga.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!