8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Konversasi, Yuk Praktikkan!

Kemampuan menggunakan Bahasa Inggris tidak hanya dinilai dari grammar dan vocabulary-nya, tapi juga aspek konversasi. Nah, belajar bahasa Inggris untuk konversasi ini pastinya membutuhkan usaha yang ekstra karena Anda harus menguasai kemampuan speaking dengan baik.
Selain itu, dibutuhkan pula kosakata yang banyak dan keberanian untuk mempraktikkan conversation di depan umum. Dalam prosesnya, tentu Anda akan mengalami tantangan pada berbagai situasi tak terduga dan bisa membuat panik. Agar kegiatan belajar Bahasa Inggris untuk konversasi semakin asyik, yuk simak penjelasannya berikut.

 

8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Konversasi

Kendala-kendala yang sering ditemukan saat belajar Bahasa Inggris untuk konversasi, umumnya seperti kehabisan pembicaraan atau lupa mengingat kosakata yang benar. Nah, jika tidak ingin hal ini terjadi, maka ada baiknya ikuti cara-cara berikut.

 

1. Jangan Malu Berbicara dengan Orang Lain

Perasaan malu atau takut salah adalah masalah terbesar yang harus Anda hadapi jika ingin lancar conversation Bahasa Inggris. Padahal, jika Anda merasa percaya diri, orang asing yang diajak bicara pun justru merasa bangga kalau bahasa mereka digunakan berbicara.
Selain itu, mereka juga tidak akan mengejek Anda jika seandainya kalimat yang diucapkan ada kesalahan. Tentu, metode ini sangat efektif karena Anda bisa tahu bagaimana cara memperbaikinya dan berusaha tidak mengulanginya kembali. Cobalah konsisten melatih berbicara di depan cermin menggunakan Bahasa Inggris agar tidak lagi merasa malu.

 

2. Fokus Pada Topik Spesifik

Belajar Bahasa Inggris untuk konversasi, sebaiknya dimulai dari pemilihan topik-topik percakapan tertentu. Hal ini karena saat Anda fokus pada sebuah topik, maka pembicaraan dengan lawan bicara terkesan lebih alami membahas topik yang semakin spesifik.
Buka percakapan dengan menanyakan kabar atau hobinya untuk mengetahui ketertarikan lawan bicara. Anda bisa abaikan saja grammar atau tata bahasanya dan hanya fokus pada skill bicara. Grammar memang penting, tapi untuk latihan awal konversasi Anda hanya perlu mengutamakan kenyamanan berbicara.

READ  Kiat Jitu Mengerjakan Latihan Soal Bahasa Inggris Agar Hasilnya Memuaskan

 

3. Berpikir Sebelum Berbicara dalam Bahasa Inggris

Cara selanjutnya untuk meningkatkan skill conversation adalah membiasakan diri berpikir dahulu sebelum menggunakan Bahasa Inggris. Apabila Anda memikirkan kalimat dalam Bahasa Indonesia, lalu menerjemahkannya langsung ke dalam Bahasa Inggris, tentu kalimatnya terdengar sangat kaku.
Ini cukup wajar karena ada perbedaan pola dan struktur kalimat antara kedua bahasa tersebut. Sehingga, solusi terbaik mengatasinya adalah berlatih mengutarakan pikiran dalam bahasa Inggris. Misalnya, Anda bisa angan-angan dahulu kalimat yang tepat saat akan memesan makanan atau minuman.

 

4. Perbanyak Pronunciation dan Kosa Kata Baru

Memperbanyak kosakata dan mengasah pronunciation sangat bermanfaat Anda lakukan untuk kecakapan konversasi. Pelan-pelan saja dengan menambah kosakata minimal 4-10 macam setiap harinya. Misalnya, Anda bisa menyimaknya dari video Youtube, lalu catat kosakata yang belum dipahami dan dihafalkan.
Di samping itu, belajar Bahasa Inggris untuk konversasi juga harus tau cara pengucapan kosakata yang tepat. Sebab, beda sedikit saja pengucapannya, bisa terjadi salah paham atau makna. Menggunakan fitur speaker pada Google Translate akan sangat membantu latihan pengucapan untuk conversation.

 

5. Beranikan Diri Menanggapi Pembicaraan

Nah, agar obrolan konversasi terkesan mengalir, maka beranikan diri Anda memberi tanggapan terhadap pembicaraan lawan. Misalnya, Anda bisa gunakan kalimat “Really? That must be interesting” untuk menanggapi obrolan lawan bicara yang antusias.
Jangan sampai, Anda menyampaikan kalimat tanggapan yang terlalu lama karena lawan bicara akan menganggap bahwa Anda tidak serius melakukan pembicaraan. Jika masih malu mempraktikkan conversation Bahasa Inggris dengan foreign, Anda bisa memulainya dari orang terdekat dahulu.

 

6. Mendengarkan Lagu dan Menonton Film

Aktivitas menonton dan mendengarkan tentu asyik banget dilakukan, terutama buat Anda yang suka rebahan di rumah. Namun, supaya tidak sia-sia dan bisa mendapat banyak pengalaman berbicara, sebaiknya pilih yang berbahasa Inggris.
Misalnya, bagi yang menyukai musik, Anda bisa dengarkan lagu Bahasa Inggris sambil perhatikan betul pengucapan kata dalam setiap liriknya. Menonton film juga seru dilakukan untuk meningkatkan skill konversasi Bahasa Inggris. Nah, berbagai aktivitas ini kapan saja, baik sambil membersihkan rumah atau bersantai.

READ  Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

 

7. Ikuti Kursus Konversasi Bahasa Inggris

Cara berikutnya agar semakin fasih belajar Bahasa Inggris untuk konversasi adalah mengikuti kursus bahasa inggris. Di sana, Anda bisa memilih paket kursus sesuai apa yang dibutuhkan dan bujet pribadi. Dijamin, Anda akan cepat lancar berbicara karena mentor pembimbingnya pun sudah berpengalaman di bidangnya.Mulai dari pelatihan kata dasar, susunan kalimat, pengucapan yang benar, penggunaan part of speech yang tepat bisa Anda pelajari. Selain belajar, Anda juga bisa mencobanya langsung dengan peserta lainnya. Bahkan, Anda pun bisa mempelajari kata gaul dalam Bahasa Inggris agar pengucapannya terdengar lebih natural.

 

8. Ciptakan Zona Khusus Belajar Konversasi

Agar tujuan belajar conversation Bahasa Inggris yang Anda lakukan segera tercapai, minimal harus sisihkan waktu 30 menit setiap hari. Ciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, sambil mendengarkan musik atau pergi ke perpustakaan.
Jika perlu, Anda juga bisa membuat jadwal materi Bahasa Inggris yang harus dikuasai. Misalnya, Anda bisa gunakan Bahasa Inggris seharian penuh setiap hari Minggu saat bertemu teman atau dalam sebuah komunitas bahasa. Simpan pula buku saku kecil untuk mencatat kata baru yang Anda temui saat berlatih berbicara.

 

Itulah beragam cara belajar Bahasa Inggris untuk konversasi yang bisa meningkatkan skill speaking dalam dunia kerja. Anda bisa memulainya dengan melatih keberanian memulai, mencari ide pembicaraan, dan lainnya. Jangan lupa praktikkan sesering mungkin untuk meningkatkan kemahiran conversation dalam Bahasa Inggris.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!