Pentingnya Bahasa Inggris Khusus di Tempat Kerja

Pentingnya Bahasa Inggris Khusus di Tempat Kerja

Saat ini, persaingan untuk mendapatkan posisi yang baik dalam pekerjaan semakin ketat. Kita harus melengkapi diri kita sendiri dengan banyak keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemampuan berbahasa asing menjadi persyaratan dasar jika kita mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar. Berkaitan dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak orang yang sekarang mempelajari dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Selanjutnya, Bahasa Inggris sudah diajarkan sejak sekolah sehingga kita bisa mengetahui pentingnya kemampuan Bahasa Inggris dalam hidup kita. Namun Bahasa Inggris yang kita kenal dan pelajari di sekolah berbeda dengan Bahasa Inggris pada umumnya.

Jika kita ingin menjadi karyawan yang profesional, kita harus memahami apa yang seharusnya kita pelajari untuk mengembangkan kemampuan diri kita sendiri. Misalnya, jika kita mengetahui bahwa Bahasa Inggris yang kita selama ini pelajari adalah Bahasa Inggris secara umum, maka sebaiknya kita mulai mempelajari Bahasa Inggris yang berkaitan langsung dengan pekerjaan kita. Bahasa Inggris seperti ini yang dimaksudkan oleh Bahasa Inggris untuk Kebutuhan Khusus atau ESP (English for Special Purpose). ESP mencakup banyak kemampuan khusus, tergantung jenis pekerjaan kita. ESP juga menjangkau banyak sektor pekerjaan, seperti perbankan dan keuangan, makanan dan minuman, industri perhotelan, logistik, pelayanan pelanggan dan banyak lagi. Kita harus memahami bahwa Bahasa Inggris yang digunakan dalam industri perhotelan benar-benar berbeda dengan Bahasa Inggris yang digunakan dalam bidang perbankan dan keuangan. Hal ini disebabkan karena perbedaan konteks dan istilah yang digunakan. Kita akan menyadari bahwa Bahasa Inggris yang kita gunakan selama ini adalah Bahasa Inggris umumnya kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari tapi bukan dalam konteks pekerjaan. Oleh karena itu, mempelajari Bahasa Inggris untuk Kebutuhan Khusus akan sangat menguntungkan bagi kita.

READ  Metode Yang Paling Efektif Untuk Belajar Bahasa Inggris

Ada dua alasan utama bagi kita untuk mempelajari Bahasa Inggris untuk kebutuhan khusus atau ESP jika kita ingin mempelajari Bahasa Inggris yang dapat mendukung pekerjaan kita. Pertama, kita dapat meningkatkan kemampuan diri kita. Karena sekarang banyak orang yang memiliki kemampuan dasar berbahasa Inggris, kita harus mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kita agar menjadi lebih baik daripada orang lain. Jika kita mempelajari ESP, maka itu akan menjadi nilai tambah bagi kita. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mempelajarinya, jadi kita harus mengambil kesempatan yang ada. ESP dapat mencakup berbagai sektor. Seperti yang kita ketahui, ESP dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, kita hanya harus memastikan tujuan pembelajaran kita. Misalnya, jika kita bekerja di bidang perbankan, maka sebaiknya kita memilih Bahasa Inggris khusus untuk bidang Perbankan dan Keuangan. Kita dapat mempelajari istilah-istilah khusus yang berkaitan dengan bidang perbankan dan keuangan, serta konteks penggunaan istilah-istilah tersebut secara khusus. Dengan begitu kita dapat menambahkan poin khusus pada saat kita mencari pekerjaan. Jika kita sudah memiliki pekerjaan, maka dapat memudahkan kita untuk dipromosikan.

Kedua, kita tidak perlu membuang waktu. Keuntungan bagi kita dalam mempelajari ESP adalah bahwa kita dapat lebih menghemat waktu. Kita dapat langsung fokus dengan apa yang ingin kita pelajari. Biasanya sebelum kita mulai mempelajari ESP, kita akan ditanyakan dulu apa yang menjadi fokus pembelajaran kita, sehingga pihak lembaga Kursus Bahasa Inggris dapat menawarkan program yang paling tepat untuk kita. Seperti kita ketahui bahwa untuk mempelajari ESP, kita sebaiknya bergabung dengan suatu lembaga kursus Bahasa Inggris. Jika kita dapat mempelajari materi yang sesuai, guru yang mendukung dan mendampingi kita selama proses belajar. Kami dapat berlatih secara reguler hingga kemudian kita dapat menggunakan ESP dalam pekerjaan kita.

READ  Belajar Bahasa Indonesia untuk Orang Asing di Jakarta

Walaupun ada dua alasan utama bagi kita untuk mempelajari ESP, kita dapat melihat keuntungan dalam mempelajari ESP. Kita yang harus berinisiatif lebih dulu jika kita ingin mendapatkan pekerjaan atau gaji yang lebih baik. Kita sebaiknya tidak berpuas diri hanya dengan kemampuan Bahasa Inggris Umum yang kita miliki. Kita harus tetap meningkatkan kemampuan kita untuk melihat kesempatan yang ada dan mampu bersaing dengan yang lain.

Sebagai kesimpulan, ESP adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kita dalam pekerjaan. Lebih jauh lagi, kita akan lebih dapat menghemat waktu jika kita memilih program ESP karena berkaitan langsung dengan pekerjaan atau keahlian kita.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!