Cara Meningkatkan Skill Writing Bahasa Inggris Bisnis dengan Cepat!

 

Bahasa Inggris bisnis atau business English menjadi salah satu skill yang diperlukan di masa persaingan global seperti sekarang ini. Untuk itu, generasi muda diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisnisnya. Dengan menguasai business English, kamu akan lebih gampang untuk menjalin komunikasi dan kerja sama dengan pebisnis berkompeten dari mancanegara.

Dalam dunia bisnis kerap kali menggunakan komunikasi secara tertulis dengan bahasa Inggris. Untuk itu, semua orang di dunia bisnis harus mampu meningkatkan skill writing bahasa Inggris bisnis. Demi mencapai hal itu, kamu bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi atau mengikuti kursus bahasa Inggris bisnis.

Cara Meningkatkan Skill Writing Bahasa Inggris Bisnis

Skill writing dalam bahasa Inggris bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan komunikasi antara dua pihak, khususnya dalam komunikasi tertulis.

Nggak heran kalau banyak pebisnis yang mulai mencari cara untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam business English. Kalau kamu salah satunya, simak penjelasan di bawah ini!

 

Email Bisnis

Ingatlah bahwa penerima emailmu bisa jadi merupakan orang yang super sibuk atau orang yang menerima banyak email setiap hari. Untuk itu tulislah pesan yang jelas, singkat, dan dapat ditindaklanjuti. Jangan membuang kata dengan terlalu banyak mengucapkan salam atau menuliskan konteks yang terkesan berbelit-belit. Tulis pesan dengan kalimat yang pendek tapi mudah dimengerti.

Mulailah dengan menuliskan judul atau subjek email kamu. Tuliskan subjek dengan maksimal delapan kata yang menarik perhatian pembaca. Misalnya, “Rapat jam 14.00 untuk semua karyawan. Ruang konferensi”. Kata-kata ini merujuk pada sesuatu yang penting sehingga penerima akan langsung membukanya.

Kamu bisa menuliskan materi rapat atau hal lain yang perlu dipersiapkan secara singkat di badan email. Mereka pasti segera membaca badan pesan setelah membaca subjeknya. Singkat, jelas, dan informatif, kan?

 

Surat Bisnis

Surat bisnis merupakan salah satu metode komunikasi yang paling formal dalam dunia bisnis. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin menulis surat bisnis kepada klien atau kolega:

  • Pastikan mengikuti format bahasa Inggris yang benar. Tulis surat sesuai dengan kaidah penulisan surat formal pada umumnya.
  • Isi surat harus tetap formal namun tetap ramah dan mencakup tujuan dari dikirimnya surat tersebut.
  • Akhiri surat dengan cara yang memungkinkan penerima untuk mencari informasi yang diperlukan lebih lanjut. Dalam hal ini kamu bisa mencantumkan situs web, email, atau kontak lain yang bisa dihubungi dan responsif.

Menulis untuk Membujuk 

Hampir semua tulisan yang dikeluarkan oleh perusahaan baik dalam bentuk surat, email, atau iklan pasti ditulis untuk membujuk orang-orang menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Kamu perlu terus berlatih untuk bisa menulis kalimat yang bisa berhasil membujuk orang-orang yang membaca. Meski bersifat membujuk, tulisan harus tetap fleksibel dan bervariasi.

Awali tulisan dengan menguraikan masalah yang bisa ditangani dengan layanan atau produk perusahaanmu. Setelah itu perluas masalah yang ada namun tetap dalam penjelasan yang lugas dan singkat. Terakhir berikan saran atau solusi atas masalah yang dialami dengan mengarahkan menggunakan layanan atau produkmu. Jangan lupa menuliskan kontak yang bisa dihubungi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Hindari Kesalahan Umum dalam Bahasa Inggris Bisnis

Dalam menggunakan bahasa Inggris bisnis, akurasi merupakan hal yang sangat penting. Sebuah kesalahan kecil bisa berdampak besar pada bisnis kamu.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan kalau kamu menggunakan bahasa ini dengan benar. Hindari beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi pada komunikasi business English:

READ  Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif untuk Berbagai Kalangan

 

Personal dan Personnel

Personal dan personnel merupakan dua kata dengan makna berbeda yang sering dianggap sama oleh beberapa orang. Personal atau pribadi merupakan kata sifat yang berarti “berhubungan dengan orang tersebut”. Penekanannya terdapat pada suku kata pertama, yaitu “PER”. Contoh kalimatnya adalah “Diky had to take some leave for personal reasons” (Diky harus mengambil cuti karena alasan pribadi).

Sementara itu, personnel atau personil adalah kata benda yang artinya staf perusahaan atau sekumpulan sumber daya manusia. Contoh kalimatnya adalah This company’s biggest asset is its personnel. They’re all so motivated and productive, yang maknanya yaitu aset terbesar perusahaan ini adalah personilnya. Mereka semua sangat memotivasi dan produktif.

 

Gunakan Present atau Presentation, Bukan Presentate

Dalam bahasa Inggris bisnis, kamu bisa mengucapkan “Give a presentation” atau “Present information” tapi tak boleh mengucapkan “Presentate something”. Hal ini dikarenakan “presentate” bukan merupakan kata baku meskipun memiliki arti sama-sama menyajikan. Kesalahan ini cukup sering dilakukan ketika orang-orang mencoba kata kerja dari kata benda “presentation”.

 

Executive – Perhatikan Pengucapanmu!

Executive atau eksekutif merupakan sebutan untuk seseorang dalam sistem manajemen perusahaan. Kalau kamu memperkenalkan eksekutif perusahaan kepada pelanggan atau klien, perhatikan pengucapanmu! Kalau kamu menekankan pada huruf “u”, maka kata eksekutif akan lebih terdengar seperti “eksekusi” yang identik dengan kegiatan untuk membunuh.

 

Ingatlah “s” pada “headquarters”

Markas atau kantor pusat yang dalam bahasa Inggris adalah “headquarters”. Kamu tidak boleh lupa kalau di belakang kata ini terdapat “s”. Kalau kamu nggak menggunakan “s” justru akan ditertawakan oleh orang yang lebih mahir berbahasa Inggris.

 

Jangan menambahkan “s” pada sesuatu yang nggak bisa dihitung

Jangan pernah meletakkan “s” pada akhir kata yang merujuk pada sesuatu yang nggak bisa dihitung seperti “advice”, “knowledge”, dan “information”. Kalau kamu ingin membuatnya menjadi kalimat tunggal, gunakan ungkapan “a piece of”.   

 

Tambahkan -ing saat menggunakan frasa look forward 

Ketika kamu menggunakan frasa look forward seperti pada kalimat I look forward to hearing from you, jangan pernah lupa menambahkan “ing” pada kata “hearing” yang berarti mendengar. Beberapa pemula kerap kali mengartikan “Saya menantikan kabar dari kamu” dengan I look forward to hear from you. Kalimat ini nggak benar dan pasti akan terdengar aneh bagi penutur asli bahasa Inggris. Dalam frasa ini, kata kerja “hear” harus selalu dilengkapi dengan “ing”.

 

Beberapa Kata Kerja dalam Business English yang Bisa Kamu Hafalkan

Dalam berkomunikasi dengan topik bahasa Inggris bisnis, kamu pasti akan menemui frasa kata kerja (phrasal verbs) setidaknya sekali atau beberapa kali. Beberapa kata kerja ini bisa membuat percakapan terasa sedikit membingungkan  dan sulit diikuti. Sehingga, kamu perlu giat mempelajari kata kerja ini biar bisa memahami ucapan dari lawan bicara yang merupakan penutur asli bahasa Inggris.

Kata kerja phrasal sendiri merupakan kata kerja yang dipakai bersamaan dengan kata lain (kata depan atau kata keterangan). Kata kerja phrasal ini termasuk idiomatis sehingga kamu nggak bisa menyimpulkan makna dari setiap katanya secara harfiah. Berikut ini beberapa kata kerja phrasal yang paling umum digunakan dalam dunia bisnis:

 

To call back 

To call back yang artinya untuk menelepon kembali yang biasa dipakai untuk meminta balasan panggilan telepon. Contoh: “Sandy called Eka yesterday, and waited for her to call back”. (Sandy menelepon Eka kemarin dan menunggunya atau Eka untuk menelepon kembali).

READ  Cara Belajar Tata Bahasa Bahasa Inggris untuk Pemula, Cepat Bisa!

 

To ask around 

To ask around atau bertanya-tanya dipakai untuk mengajukan pertanyaan yang sama kepada banyak orang sekaligus. Contoh: “Selly will ask around to find out who wants to go on holiday together next week.” (Selly akan bertanya-tanya untuk mencari tahu siapa yang mau pergi liburan bersama minggu depan).

 

To come across 

To come across berarti untuk menemukan, kata kerja ini dipakai ketika seseorang menemukan sesuatu secara nggak terduga. Contoh: “If you come across my books, please bring them to me!”. (Kalau kamu menemukan buku-bukuku, tolong bawakan kepadaku!).

 

To think (something) over

To think (something) over dalam bahasa Inggris bisnis  berarti untuk memikirkan (sesuatu) lebih. Kata kerja phrasal ini sering dipakai untuk mempertimbangkan sesuatu. Contoh: “We have several possible plans to think over. We need another day to consider them”. (Kita punya beberapa kemungkinan rencana untuk dipikirkan. Kita membutuhkan hari lain untuk mempertimbangkannya).

 

To zero in on

To zero in on berarti membidik, biasa digunakan untuk memusatkan perhatian terhadap sesuatu. Contoh: “We can zero in on the candidates for this position during the meeting”.(Kami bisa membidik kandidat untuk posisi ini selama pertemuan).

 

To drop by 

To drop by atau untuk mampir dipakai untuk mengunjungi sebentar, bertemu tanpa janjian terlebih dahulu. Contoh: “Drop by the break room after the meeting, so we can discuss the party tonight”.(Mampirlah ke ruang istirahat setelah rapat agar kita bisa membicarakan tentang pesta malam ini).

 

To run by/ past

To run by/ past biasa dipakai ketika mendiskusikan sesuatu dengan orang lain untuk bertanya mengenai pendapatnya. Contoh: “Please run in by Reyhan. He has done this project before and can let you know how it should look”. (Tolong diskusikan hal ini dengan Reyhan. Dia sudah menyelesaikan proyek ini sebelumnya dan bisa memberitahumu bagaimana tampilannya).

 

To figure (something) out

To figure (something) out dalam bahasa Inggris bisnis artinya untuk mencari (sesuatu) keluar. Kata kerja ini kerap dipakai untuk menemukan jawaban atau memahami sesuatu. Contoh: “I’ll figure it out and give you the answer later”. (Aku akan mencari tahunya dan memberimu jawaban setelahnya).

 

To drop around

To drop around memiliki arti berkeliling dan biasa digunakan untuk membandingkan harga atau kualitas suatu barang dari sumber yang berbeda-beda. Contoh: “Our usual supplier is expensive. Let’s drop around for a better price.”. (Pemasok kami biasanya mahal. Ayo berbelanja untuk mendapatkan harga yang lebih baik).

 

To write up

To write up berarti menulis, biasa dipakai untuk menjelaskan atau memerintahkan mengetik di komputer, biasanya dari hardfile atau tulisan tangan atau untuk membuat versi lengkap suatu dokumen. Contoh: “After the meeting, please write up the minutes and email them to everyone!”. (Setelah rapat, harap tulis notulen dan kirimkan via email ke semua orang!)

 

So, itulah dia beberapa cara meningkatkan bahasa Inggris bisnis dengan cepat yang berfungsi untuk kemajuan bisnismu. Dengan belajar bahasa Inggris bisnis, segala keperluan bisnismu dijamin makin gampang dan perusahaanmu berpotensi mendapatkan lebih banyak relasi.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!