Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

 

Persiapan TOEFL yang maksimal bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik belajar secara mandiri atau dengan mengikuti kelas TOEFL online. Sekarang ini sudah lumayan banyak lembaga kursus TOEFL yang bisa memenuhi kebutuhan kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi paper based test, computer based test, internet based test, institutional testing program, dan TOEFL preparation.

Setiap jenis TOEFL yang sudah disebutkan tadi memiliki skor, fungsi, dan tujuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa kamu harus mempersiapkan diri secara maksimal sebelum mengikuti salah satu jenis TOEFL di atas. Setelah mengikuti kelas TOEFL, kamu berhak mendapatkan sertifikat yang di dalamnya tercantum skor TOEFL kamu. Umumnya, sertifikat tersebut berlaku selama dua tahun, jadi setelah itu kamu harus mengikuti tes ulang.

Biasanya, biaya mengikuti tes TOEFL bisa terbilang cukup mahal. Untuk itu, sobat ET perlu mempersiapkan diri dengan mengikuti kelas online untuk meningkatkan potensi kelolosan dalam tes. Semakin bagus lembaga kursus TOEFL online yang kamu pilih, maka kegiatan belajar dan simulasi  akan lebih serius dan kemungkinan besar kamu bisa lolos tes TOEFL dengan skor memuaskan. Lalu apa saja keuntungan mengikuti kelas ini? Simak sebagai berikut!

 

Keuntungan Mengikuti Kelas Persiapan TOEF

Mengingat bahwa biaya tes TOEFL yang cukup mahal, maka kamu pasti berusaha biar nggak mengulangi tes TOEFL lagi.

Selain diperlukan niat yang kuat, kamu juga perlu memilih kelas online untuk memaksimalkan nilai TOEFL. Dengan mengikuti kelas TOEFL, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:

Mendapatkan Panduan Materi yang Sesuai

Tidak semua orang mengetahui cara mempelajari bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL. Meskipun pada dasarnya sama-sama menggunakan bahasa Inggris, tetapi materi yang dipelajari tentu berbeda. Sehingga, kamu perlu mempelajari bahasa Inggris sesuai dengan tujuan spesifikmu untuk memudahkan pencapaian tujuan.

Dengan mengikuti kursus atau kelas TOEFL online, kamu bisa mendapatkan panduan materi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tes. Materi yang disampaikan dalam kelas umumnya akan disesuaikan dengan materi yang dipakai untuk ujian. Selain itu, materi dari lembaga kursus TOEFL biasanya lebih terstruktur dan menyesuaikan dengan kemampuan siswa.

Bisa Belajar dari Orang yang Berpengalaman

Lembaga kursus TOEFL pasti nggak asal comot pengajar untuk memberikan materi di lembaganya. Pengajar yang bekerja pastinya merupakan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Di lembaga kursus TOEFL terpercaya biasanya memiliki pengajar native speaker yang memang menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya. Jadi, mereka bukan sekedar menguasai vocabulary dan grammar saja.

Lebih Mudah Mencapai Target Skor

Biasanya orang-orang mengikuti kelas persiapan TOEFL untuk keperluan kuliah atau bekerja di luar negeri. Setiap kampus atau perusahaan yang akan dituju pasti menetapkan skor minimum TOEFL agar peserta dapat lolos di sana. Dengan mengikuti kelas TOEFL, kamu akan lebih gampang melampaui skor minimum tersebut.

Lembaga kursus online akan membantu sobat ET untuk mengatur strategi pembelajaran untuk menembus skor yang diinginkan. Mereka juga akan menentukan durasi pembelajaran yang tepat dan materi yang harus paling dikuasai. Dengan mengikuti strategi dari lembaga kursus, target skor kamu akan lebih gampang tercapai daripada belajar sendiri.

Belajar Manajemen Waktu

Saat mengikuti kursus TOEFL, kamu pasti akan mengikuti simulasi pelaksanaan TOEFL yang diadakan oleh lembaga kursus. Simulasi dilaksanakan dengan durasi, model soal, dan jumlah soal yang sama persis dengan tes TOEFL sungguhan. Sehingga kamu bisa belajar memanajemen waktu pengerjaan tes pada saat simulasi ini.

Apalagi biasanya simulasi nggak hanya dilakukan sekali sehingga persiapan kamu bisa lebih maksimal.  Dengan demikian, kamu bisa lebih tahu bagaimana trik mengerjakan TOEFL yang cepat versi kamu sendiri.

READ  Menguasai Present Perfect Continuous Tense

Menghemat Biaya 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tes TOEFL memerlukan biaya yang cukup mahal. Kalau kamu nggak lolos pada tes pertama, tentu harus mengulanginya hingga di kali bahkan lebih. Hal ini tentunya akan membuat kamu kehilangan biaya yang cukup besar. Lagi pula sayang sekali kan kalau sudah membayar mahal tapi ujung-ujungnya tidak lolos .

Mengikuti kelas kursus persiapan TOEFL yang bersifat privat dengan jumlah peserta yang terbatas akan membuat kegiatan belajar jadi lebih fokus dan kondusif. Kamu juga bisa lebih dekat dengan pengajar dan peserta lain untuk sharing seputar permasalahan belajar yang dialami. Dari situ kamu bisa mendapatkan tips-tips dari orang lain untuk bisa mengerjakan masing-masing soal tes dengan cepat.

 

Rekomendasi Buku Belajar TOEFL Terpopuler

Selain mengikuti kursus online yang berkualitas, kamu juga bisa membeli buku belajar TOEFL terbaik untuk mempersiapkan diri mengikuti TOEFL yang akan datang.

Dalam buku persiapan TOEFL, biasanya juga dilengkapi dengan penjelasan dan berbagai tes simulasi yang mirip dengan tes aslinya. So, ini dia beberapa rekomendasi buku belajar TOEFL terbaik dan terpopuler yang bisa sobat ET beli:

Cambridge Preparation for the TOEFL iBT Test

Buku ini berisi ratusan soal latihan dan strategi mengerjakan TOEFL agar kamu lebih siap dalam menghadapi tes sungguhan nantinya. Buku ini sangat cocok buat kamu yang sudah menguasai materi-materi TOEFL dan masih ingin mengasah otak dengan mengerjakan soal-soalnya.

Selain itu, buku populer ini juga dilengkapi dengan tujuh mock test yang bisa sobat ET gunakan buat latihan tes TOEFL yang terasa sungguhan. Apalagi pembahasan yang ada di dalam buku ini juga sangat lengkap dan jelas sehingga memudahkan kamu buat memahaminya.

Erlangga TOEFL ITP Assessment Series

Buku ini memuat berbagai soal yang asli dan resmi dari lembaga penyelenggara tes TOEFL ITP. Sehingga, buat kamu yang lagi persiapan TOEFL ITP, buku ini bisa jadi media belajar yang cocok. Buku ini juga dilengkapi dengan panduan belajar, kunci jawaban dan pembahasan, serta CD Video. Dengan mempelajari buku ini, kamu akan lebih terbiasa menghadapi tipe-tipe soal pada TOEFL ITP yang sesungguhnya.

Longman Preparation Course for the TOEFL Test 

Buku yang satu ini termasuk sangat laris di pasaran karena banyak diminati oleh calon peserta TOEFL asal Indonesia. Di dalamnya berisi soal-soal tentang reading, structure, dan listening yang mudah dipahami. Dilengkapi pula dengan pembahasan, analisis, dan strategi yang tepat untuk menyelesaikan tes dengan cepat. Setiap kalimatnya dituliskan dengan detail, jelas, dan mudah dipahami.

Barron’s Practice Exercise for the TOEFL

Buku ini sudah sangat populer di kalangan orang-orang yang belajar bahasa Inggris karena diterbitkan oleh salah satu penerbit cukup ternama, yaitu Barron’s Educations. Buku ini berfokus pada persiapan tes TOEFL iBT dan ITP. Di dalamnya berisi panduan lengkap belajar TOEFL, contoh soal tes TOEFL, dan kunci jawaban beserta penjelasannya.

Buku ini dirancang untuk level intermediate keatas yang dilengkapi dengan CP yang berisi sesi-sesi belajar dengan native speaker. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tips and trick supaya bisa mendapatkan skor iBT di atas 95.

Kaplan TOEFL iBT Premier

Buat sobat ET yang ingin mendapatkan skor tinggi pada tes TOEFL iBT, buku terbitan Kaplan ini layak dijadikan panduan. Di dalam buku terdapat empat tes praktik yang meliputi reading, writing, listening, dan speaking. Selain itu, ada pula latihan grammar beserta penjelasan, strategi persiapan tes, tips belajar, dan tutorial video yang mudah dipahami.

READ  Tips dan Trik cara Belajar Bahasa Inggris Bisnis dengan Cepat

Buku ini juga mencantumkan permasalahan yang sering dihadapi oleh para peserta ujian TOEFL pada saat mengerjakan tes. Nggak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan cara-cara yang tepat dan solusi agar pembaca bisa menghadapi masalah-masalah tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan TOEFL sekaligus berlatih menghadapi kendala yang mungkin terjadi pada saat tes.

 

Strategi Cepat Mengerjakan Soal TOEFL saat Tes Berlangsung

Salah satu hal yang kadang ditakutkan oleh peserta TOEFL adalah munculnya kendala-kendala  yang mungkin membuat otak nge-blank. 

Untuk itu, sebelum benar-benar mengikuti TOEFL, kamu harus tahu dulu strategi-strategi yang bisa dilakukan biar bisa mengerjakan tes dengan cepat dan gampang:

Tetapkan Standar Nilaimu Sendiri 

Setiap kampus atau perusahaan pasti menetapkan standar nilai minimum untuk bisa lolos ke lembaga mereka. Kamu perlu mengetahui hal itu kemudian mulai menetapkan standar nilai sendiri. Misalnya, lembaga tujuanmu menetapkan skor TOEFL minimum 90, maka kamu bisa menetapkan standar nilai untuk dirimu sendiri sebesar 95.

Dengan menetapkan standar nilai sendiri, kamu akan lebih maksimal dalam persiapan TOEFL. Sehingga kamu akan lebih tenang dan percaya diri pada saat mengerjakan tes TOEFL sungguhan.

Jangan Fokus dengan Kata-kata Asing

Dalam mengerjakan soal berbahasa Inggris, kebanyakan orang pasti akan menemukan kata-kata yang menurutnya asing karena nggak tahu artinya. Jika hal ini terjadi, kuncinya hanya satu, yaitu jangan panik dan jangan berfokus pada kata asing tersebut. Bahkan, orang yang fasih berbahasa Inggris juga nggak semuanya mengetahui kosakata yang ada dalam bahasa Inggris, kok. So, no worries!

Saat mendapat kata-kata yang asing, kamu hanya perlu membaca kalimat secara keseluruhan untuk memahami artinya. Dari satu kalimat pasti kamu mengetahui arti sebagian besar katanya. Dari situ kamu bisa menebak arti dari kata yang nggak kamu ketahui maknanya.

Jangan Stuck di Tempat yang Sama

Kalau kamu memang benar-benar kesulitan dan tidak bisa menjawab satu soal, jangan pernah stuck di sana dalam waktu yang lama. Hal itu akan membuatmu lupa kalau masih banyak soal lain yang harus dikerjakan dengan waktu yang sangat terbatas. Jadi, kalau memang dirasa nggak bisa menjawab, lebih baik lewati dulu soal tersebut dan lanjut ke soal lain biar nggak banyak waktu yang terbuang.

Hati-hati pada Distractors di Soal Listening

Pada ujian mendengarkan atau listening kerap kali kamu dibuat bingung dengan aksen-aksen yang mengecoh atau distractors. Contoh distractors misalnya adalah kata thirty dan thirteen. Kata ini biasanya terdengar sangat mirip ketika diucapkan oleh native speaker. Untuk menghadapi kemungkinan ini, kamu perlu berlatih lebih banyak mendengarkan dialog-dialog pada ujian listening.

Buat Esai yang Menarik pada Ujian Writing

Pada bagian writing, biasanya kamu akan diminta untuk membuat esai yang menarik dengan tema yang ditentukan oleh penyelenggara. Untuk merangkainya, kamu perlu mengembangkan perbendaharaan katamu dengan maksimal. Pastikan kamu hanya menulis kalimat yang artinya memang kamu ketahui dengan baik.

 

So, itu dia beberapa penjelasan soal keuntungan mengikuti kelas persiapan TOEFL dan strategi menghadapi kesulitan saat tes sedang berlangsung. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!